Tanggul Jebol di Kec. Siabu,384 Ha Areal Sawah Tidak Bisa Ditanami

SIABU(Malintangpos Online): Bupati Mandailing Natal, H.M Ja’far Sukhairi Nasution akan mengalokasikan Dana Tidak Terduga (TT) Tahun 2023 untuk memperbaiki 2. Tanggul yang jebol akibat Bencana Alam yang terjadi pada Desember 2022 yang lalu diqilayah Kecamatan Siabu.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Madina, Siar Nasution,SP yang waktu itu bersama Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, Mukhsin Nasution,saat melakukan tinjauan lapangan, Jum’at (10/2) bersama sejumlah OPD dan Camat Siabu.

Lokasi yang ditinjau, antara lain tanggul yang berada di badan Aek Sibontar / Aek lMuara Sada Kelurahan Simangambat dan tanggul di Desa Bonan Dolok Kecamatan Siabu.

Sebelumnya, jum’at pagi, rapat kordinasi yang dipimpin Sekretaris Daerah Alamulhaq Daulay membahas penanganan dua tanggul yang selalu dikeluhkan warga petani.

Rapat itu berdasar perintah Bupati dalam upaya percepatan penanganan tanggul yang hancur akibat Banjir Desember 2022.

Berdasarkan laporan Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Siabu, Kholidah SP dampak tanggul jebol itu berakibat sekitar 384 hektar lahan pertanian di beberapa desa tidak bisa ditanami.

Kata dia, Desa-desa terdampak oleh tanggul jebol Bonan Dolok meliputi Desa Huraba I, Huraba II dan Tanggabosi III.

Sedangkan tanggul jobol Muara Sada berdampak pada Desa Lumban Pinasa.

Disebutkan, total hamparan sawah di empat desa itu yang tergenang akibat tanggul jebol seluas 384 hektar.

Siar juga memohon kepada warga Kecamatan Siabu terkhusus para petani untuk selalu bersabar dan memberikan keyakinan kepada pemerintah daerah dalam hal pembangunan tanggul.

Bahkan, Mudah-mudahan pembangunan tanggul ini akan kita wujudkan melalui Dana TT.

” Mohon bersabar dan kami terus meminta dukungan masyarakat agar rencana tersebut segera direalisasikan,” Ujar Siar Nasution.

Selain perbaikan tanggul, Dinas Pertanian, akan merencanakan pembagian bibit dan saprodi bagi petani yang mengalami gagal panen pada akhir Desember 2022 lalu.

Kata Siar, Peninjauan tanggul tadi siang melibatkan banyak pihak, selain Kadis Pertanian dan Kepala BPBD Madina, turut juga Koordinator BPP Siabu, Kholidah, Staf PDH Dinas PU Madina, Muhammad Nuh, Camat Siabu, Syukur Soripada serta sejumlah petani(Nanda/Aris)

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.