Terjadi di Kota Panyabungan, 5 Unit Rumah Dilalap si Jago Merah di Kel. Pasar Hilir

Kebakaran di Pasar Hilir/ Mhd.Hanapi Lubis

PASAR HILIR(Malintangpos Online):” Malang Benar Nasib 5 KK Warga Kel.Pasar Hilir,” Kalimat itulah yang cocol disampaikan kepada Lima(5) warga pemilik rumah di Kelurahan Pasar Hilir Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, yang rumahnya di Lalap Sijago Merah, Sabtu(10-8) sekitar pukul 15.20 Wib.

                Kelima rumah yang rumahnya musnah terbakar tersebut adalah Syarifah, Cokmang, Fahruddin, Yaskury dan Buyung yang kelimanya adalah Penduduk Kelurahan Pasar Hilir Kec.Panyabungan, yang saat ini terpaksa mengungsi ke tempat keluarganya disekitar rumah yang terbakar.

            Informasi yang diperoleh Malintangpos Online, Sabtu(10-8) baik dari pemilik rumah, masyarakat serta pihak pemerintah, bahwa asal api yang sampai sekarang ini belum diketahui pasti darimana asalnya, hanya saja kerugian diperkirakan milyaran rupiah, karena selain bangunan rumahnya juga alat-alat rumah tangga pemilik rumah hanya sedikit yang berhasil diselamatkan.

Rumah Terbakar di Pasar Hilir/ Dina Sukandar Hasibuan

Kata warga, bahwa ada pemilik rumah yang histeris meneriakkan “ Api… api…Apiii… sehingga warga yang mendengar berhamburan, khususnya Naposo/Nauli Bulung Kelurahan Pasar Hilir, ada yang menghubungi Pemadam Kebakaran, ada yang menghubungi Polisi, ada juga yang sambil teriak-teriak membawa air untuk disiramkan ke rumah yang terbakar.

            Pantauan Malintangpos Online, selain kekompakan masyarakat yang bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya, juga dengan datangnya Mobil Pemadam Kebakaran, walau agak terlambat disebabkan jarak yang sangat jauh, juga masyarakat berjubel di jalan Kol.M.Nurdin dan jalan H.Mahmud, sehingga mobil Damkar sedikit kesulitan untuk masuk.

            Walaupun api sudah padam, hanya menngeluarkan asap setelah masyarakat secara gotong royong menyiramkannya dan Damkar milik Pemda Madina, juga Water Canon Milik Polres Mandailing Natal, juga turut ambil bagian memadamkan api, sehingga dipemukiman padat penduduk itu api hanya menghanguskan 4 unit dan satu unit terpaksa dirusak agar tidak merembet ke rumah lainnya.

Mobil Water Canon Polres Madina/ Dina Sukandar

“ Tidak ada korban jiwa, rumah yang terbakar beserta isinya dimungkinkan mencapai milyaran rupiah kerugiannya, kalau asal api belum diketahui pasti, apakah karena kompor atau kosleting listrik belum diperoleh informasi pasti,” ujar Iskandar Nasution warga kel.Pasar Hilir.

            Kapolsek Panyabungan AKP.Andi Gustawi yang dihubungi Via selular, Sabtu sore(10-8) membenarkan adanya Lima(5) Unit rumah yang terbakar, walaupun data pasti simpang siur, namun sesuai data dari anggota kita ada lima( unit) yang terbakar.

            “ Walaupun datanya simpang siur, tapi laporan anggota ada lima(5) Unit rumah yang terbakar, kalau asal api sebenarnya secara pasti belum diketahui maupun penyebab kebakaran, masih dalam tahap poenyelidikan kita, yang jelas korban jiwa tidak ada, api sudah dipadamkan,” ujar Kapolsek Panyabungan AKP.Andi Gustawi ( Red)

 

 

 

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.