Terkait Irigasi Rusak di Roburan Lombang, Bupati Perintahkan Dinas PUPR Madina Meninjau Irigasi Rusak

Irigasi di Roburan Lombang Rusak /Nanda

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Bupati Kab.Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, mengutarakan terkait dengan Irigasi yang rusak di Desa Roburan Lombang Kecamatan Panyabungan Selatan ( Berita Malintangpos Online 17-9), memerintahkan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Cq.Bidang Pengairan untuk meninjau Irigasi yang rusak.

            “ Segera Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mandailing Natal Cq.Bidang Pengairan, kita perintahkan untuk meninjaunya,” ujar Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasutio, Selasa (17-9) Via WhatsApp nya kepada Malintangpos Online.

Sebelumnya Berita Malintangpos Online “Irigasi di Roburan Lombang Rusak,Petani Minta Bupati Madina Bangun Irigasi Yang Rusak ,”

 “ Irigasi Aek Roburan  jika berfungsi dengan baik, akan bisa mengairi puluhan hektare areal pertanian masyarakat diwilayah Desa Roburan Lombang, namun sebelum saya Kepala Desa juga Irigasi ini sudah rusak, ngak mungkin Dana Desa kami buat untuk memperbaiki bangunan Pemerintah  Mandailing Natal tersebut, atau jangan-jangan bangunan Irigasi masih Tapanuli Selatan,” ujar Kepala Desa Roburan Lombang Muhammad Idris Via selular kepada Malintangpos Online,Selasa(17-9) siang dari Desa nya.

            Kata Kades, jika irigasi bagus maka akan dapat mengairi sekitar 50 Hektare areal pertanian di Saba Liat, Saba Tolang, Saba Ompang Kopi, Saba Tolang Jae, Saba Pining Baris serta areal pertanian lainnya, yang seluruhnya saat ini jika musim tanam kesulitan mendapatkan air disebabkan irigasi yang rusak dan sistem pembagian air selalu bermasalah jadinya.

Drs.H.Dahlan Hasan Nasution

Secara terpisa, B.Nasution petani di Saba Tolang, mengaku sangat heran dengan sikap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan juga Dinas Pertanian Mandailing Natal, sebab hampir setiap tahunnya Alokasi dana untuk Irigasi persawahaan selalu ada di APBD Mandailing Natal, tetapi mereka khususnya Dinas Pertanian tidak pernah memperbaiki Irigasi Aek Roburan tersebut.

            Kenapa begitu..? makanya saya heran, apakah memang pihak Dinas Pertanian dan Dinas PUPR Madina, tidak mengakui petani di Desa Roburan Lombang Kecamatan Panyabungan Selatan, bisa jadi, apa salahnya Irigasi ini diperbaiki, ujar Nasution.

            “ Kami sangat salut dengan Kepala Desa Roburan Lombang yang terus berjuang untuk memperjuangkan pembangunan Irigasi, tetapi sepertinya pemerintah khususnya PUPR dan Dinas Pertanian Madina, tidak peduli, makanya kami mohon kepada Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution agar bisa melihat langsung kerusakan Irigasi,” katanya.

            Kepala Dinas PUPR Kab.Madina Syahruddin Lubis,ST maupun Kabid Pengairan Dinas PUPR Madina, belum berhasil di konfirmasi, sesuai pengakuan stafnya, kalau Kadis ngak mungkin di konfirmasi, karena sudah ditahan di Rutan Tanjung Gusta Medan dan Kabid Pengairan kabarnya sedang di Medan.

            Begitu juga dengan Kadis Pertanian Madina Taufik Zulhandra Ritonga yang dicoba dijumpai dikantornya tidak berhasil, sebab disampaikan stafnya Kadis Pertanian Madina, sedang tugas luar untuk melobi anggaran kepentingan Mandailing Natal di Jakarta.

            “ Kadis Pertanian Madina Taufik Zulhandra Ritonga sedang tugas ke Jakarta untuk melobi anggaran guna untuk kepentingan masyarakat Mandailing Natal,” ujar seorang staf Kadis Pertanian Madina sambil berlalu dari depan Wartawan, Selasa(17-9) pagi ( NS/SN)

 

 

Liputan : Nanda Sukirno

Admin   : Iskandar Hasibuan,SE

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.