Terkait Kutifan Rekam E-KTP, Kades Muara Bangko Rusak Nama Baik Dinas Kependudukan Madina

Mobil Perekaman E-KTP dari Dinas Kependudukan Madina

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): “ Kades Muara Bangko yang makan Nangka, Kadis Kependudukan Madina kena getahnya,”Kalimat itulah yang langsung terlontar dari Tokoh masyarakat Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal, terkait ditangkapnya Kades dan aparat desanya yang diduga melakukan kutifan Rp 100.000/orang ketika terjadi perekaman E-KTP di Desa Muara Bangko, Rabu(29-11) kemaren.

            Kenapa begitu..? bayangkan, sudah 19 Kecamatan se Mandailing Natal dan ke Duapuluh(20) kecamatannya di Kecamatan Ranto Baek dimana juga dibeberapa desa yang telah dilakukan perekaman E-KTP oleh Dinas Kependudukan Madina, hanya di Desa Muara Bangko yang terjadi pengutifan perekaman E-KTP, tentu Kadis Kependudukan dan juga stafnya yang jelas akan disalahkan masyarakat Mandailing Natal.

            Hal itu disampaikan Aktivis Sosial Madina Maryam Hanapi Nasution,S.Sos kepada Malintangpos Online, Kamis siang(30-11) di Halaman Kantor Dinas Kependudukan Madina ketika mengetahui perekaman E-KTP di Desa Muara Bangko Kec.Ranto Baek berujung Kades dan aparat desa diamankan polisi karena diduga melakukan pengutifan uang sekitar Rp 100.000/orang.

            Disampaikan Maryam, selama bulan Oktober- Nopember 2017 dia bersama rekan-rekannya baik Aktivis maupun anggota LSM(Lembaga Swadaya Masyarakat) selalu mengikuti jejak Dinas Kependudukan Madina yang melakukan perekaman E-KTP untuk melihat ucapan Kadis yang pernah mengatakan bahwa perekaman E-KTP sama sekali tidak dikutif bayaran dan hal itu kami ikuti di 19 Kecamatan.

Ketika Perekaman E-KTP di Desa Sihepeng Siabu, tidak ada masalah.

Memang, sekarang anggota kita di Kecamatan Ranto Baek ada yang memantau langsung dan informasi Kades/aparat Desa Muara Bangko yang melakukan kutifan diketahui dari anggota yang member informasi dan sayangnya sampai sekarang pihaknya belum bisa melakukan konfirmasi kepada polisi, tapi yang jelasnya Kades Muara Bangko harus ditindak tegas.

            “ Janganlah gara-gara ulahnya Kades Muara Bangko nama baik orang rusak, harusnya Kadis Kependudukan Madina M.Y.Samsir Loebis mengadukan hal itu, sebab jelas-jelas merusak nama baik instansinya yang sudah capek siang dan malam mengerjakan tugas perekaman E-KTP selama ini,” katanya lagi.

            Hingga berita ini naik untuk Konfirmasi baik ke Kades Muara Bangko, Camat Ranto Baek maupun Kapolsek Lingga Bayu belum berhasil, namun Tim Wartawan Malintangpos  Online terus memburu sumber-sumber informasi terkait kejadian ini( Red).

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.