Terkait Puskesmas Panyabungan Jae, Dinkes Kangkangi Permendagri, Nama Baik Bupati Madina” Rusak”

Bangunan Puskesmas Panyabungan Jae dibangun Tahun 2017

PANYABUNGAN(Malintangpos Online):Proyek pembangunan gedung baru Puskesmas Panyabungan Jae Kecamatan Panyabungan , Kabupaten Mandailing Natal diduga bermasalah.pasalnya proyek tersebut dibangun di atas asset Pemda Mandailing Natal yang belum di hapuskan.

            Bangunan yang nilai kontraknya Rp.900 juta lebih tersebut dikerjakan oleh CV. Rudy Jaya .anggaran sendiri diplot di Dinas Kesehatan bersumber dari dana DAK atau Dana Alokasi Khusus.

            Informasi yang diperoleh Malintangpos Online,  menyebutkan bahwa harusnya Bangunan Gedung Puskesmas Panyabungan Jae tersebut di bangun di lahan Puskesmas yang masih kosong.

Namun pihak Kontraktor melalui perintah Kepala Dinas justru merobohkan bangunan lama yang masih layak tanpa melakukan penghitungan nilai asset dan penghapusan asset, sehingga Pemerintah Daerah diduga mengalami kerugian akibat tindakan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Drg.Ismail Lubis selalu penanggung jawab penuh bangunan tersebut.

PPTK Bangunan Puskesmas Panyabungan Jae Ronggur yang di wawancarai wartawan membenarkan hal tersebut.bahwa memang belum ada penghitungan nilai asset dan penghapusan asset dari Dinas Keuangan dan Asset Daerah.

Namun kata Ronggur, itu tidak masalah karena sesuai dengan Permenkes.Dikatakannya, proyek tersebut sudah selesai dengan anggaran kontrak setelah proses tender Rp.947.089.000.

Rusak Nama Baik Bupati

            Secara terpisah, Ketua LSM Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah, menilai bahwa langkah yang dibuat oleh Kadis Kesehatan Madina drg.Ismail Lubis yang merobohkan bangunan Puskesmas yang masih layak dan kokoh adalah merusaka nama baik Drs.H.Dahlan Hasan Nasution selaku bupati.

            Maksudnya..? Bangunan itukan masih kokoh dan kuat, kenapa di bongkar, yang dituding masyarakat pemborosan adalah bupati, bukan kadis, makanya seharusnya kadis membuat laporan ke Bupati dan Keuangan yang mengelola Asset, bukan langsung merobohkan bangunan, memang makin indah bangunan sekarang, tapi apa harus dirobohkan, minimal harus persetujuan pihak terkait.

            “ Bukan dengan mempertontonkan arogansi seolah-olah Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution ngak berani memutasi atau mencopot drg.Ismail Lubis sebagai Kepala Dinas Kesehatan, “ ujarnya(Naf/Red)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.