Terkait Rusuh di Mompang Julu, Aktivis Minta Inspektorat Madina Jujur

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Aktivis Sosial Kab. Madina Iskandar Hasibuan, mengutarakan kalau saja Inspektorat Jujur dalam pengawasan Dana Desa(DD) dan umumkan hasil LHP setiap desa, kerusuhan di Desa Mompang Julu Kec. Panyabungan Utara tidak akan terjadi.

Alasannya..?  Sama dengan pengaduan warga desa lainnya selama ini, setiap pengaduan warga, boleh dikatakan tidak ada tindak lanjutnya, alias diam dan seolah-olah tidak ada masalah di desa -desa.

” Saya yang sering menerima keluhan warga, setiap ditanya apakah sudah diadukan atau dilaporkan ke Inspektorat, selalu dikatakan sudah oleh warga, tapi tindak lanjut pengaduan tidak ada, ” Ujar Aktivis Sosial yang juga mantan anggota DPRD Madina Iskandar Hasibuan, Selasa malam(30/6) di depan Mesjid Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan.

Pertemuan yang dilakukan Forkofimda dengan sejumlah tokoh di Mesjid Nur Ala Nur dan oleh Kapolres di Mapolres Madina, sangat positip sekali, tapi sepanjang keluhan warga yang mengadukan/melaporkan persoalan Dana Desa(DD) tidak ditindak lanjuti, yakinlah kasus serupa akan muncul lagi di daerah kita.

” Rakyat sudah kesal dengan pengaduannya yang tidak ditindak lanjuti, akibatnya muncul emosi, jadilah aksi anarkis, seperti di Desa Mompang Julu, ” Ujar Aktivis yang suka bicara lantang dan blak-blakan tersebut.

Bagaimana dengan Bupati..?  Saya tidak salahkan Bupati, ngak mungkin harus Bupati yang turun, ada Inspektorat, Kadis PMD, Camat dan bila perlu ada Asisten yang membidangi, bukan harus Bupati.

” Saya yakin sekali, mungkin Inspektorat dan Kadis PMD selama ini menerima laporan ABS, atau mungkin staf Bupati itu takut melaporkan yang sebenarnya terjadi di setiap desa, ” ujar Iskandar Hasibuan yang juga Mantan Ketua DPC. PDI Perjuangan Madina itu.

Solusi agar tidak ada demo turun ke Jalan..?  Tanyalah Inspektorat, apakah dia ( Ka. Inspektorat)  pernah melakukan Temu Pers sekitar hasil pemeriksaan DD setiap tahun, saya sudah lama jadi Wartawan tidak pernah dengarkan, mungkin dia takut melapor ke Bupati, atau mungkin takut, sehingga yang dilaporkan yang bagus-bagus saja, mungkin ia.

” Periksa semua Kades yang dilaporkan warganya, umumkan hasil pemeriksaan dan jika ada yang korupsi, silakan tindak lanjuti ke APH, ” katanya.

Selain itu, sebagai sumbang saran ke Bupati, ada baiknya semua personil setingkat Auditor di Inspektorat supaya diganti semua, berikan kepada yang bisa memeriksa untuk perbaikan.

” Nama Drs. H. Dahlan Hasan Nasution selaku Bupati di Mandailing Natal, semakin jelek dan banyak tudingan miring kepada Bupati akibat persoalan Dana Desa, ” ujar Iskandar Hasibuan dengan lantang(DR/ND)

 

Admin : Dita Risky

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.