Terung Ungu Cocok Untuk Kesehatan

Terung dari Desa Huraba Kec.Siabu/Foto Sulhan Nasution

Terung adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.

Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm tingginya.

Seperti di daerah pertanian di Desa Huraba Kec.Siabu sekarang ini banyak ditanam petani di kebunnya, baik Terung Putih,Terung Belanda dan Terung Ungu petani di daerah kita kurang bergairah menanamnya, karena harganya yang relatif murah hingga sekarang ini.

Padahal, sejumlah Ahli banyak melakukan penelitian manfaat Terung,khususnya Terung Ungu yang banyak di tanam petani akhir -akhir ini di Mandailing.

Ada 10 manfaat Terung Ungu, informasi yang dikutif dari Liputan6.Com ke sepuluh(10) manfaat Terung Ungu bagi Kesehatan.

Antara lain :

1. Menyehatkan jantung

Kandungannya yang penuh serat, vitamin B1, B3, B6, C, K, dan fitonutrinen, membuat terung dapat menurunkan masalah kardiovaskular.

2. Melawan kanker

Polifenol di dalamnya dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mencegah perkembangan tumor dan menghentikan penyebaran sel kanker. Senyawa lain seperti anthocyanin dan asam klorogenat dalam terung juga mengandung antioksidan dan efek anti peradangan pada tubuh. Selain itu, asam klorogenat juga dapat mempromosikan produksi enzim pembersih di dalam sel-sel tubuh, yang dapat membuat sel kanker mati dan menangkal banyak penyakit virus.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Memanggang terung pada 400 derajat selsius, dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Namun jika digoreng, maka terung tidak akan memberi manfaat karena menyerap lemak dari minyak goreng.

4. Meningkatkan fungsi otak

Fitonutrien dalam terung telah dikenal dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memberikan manfaat kesehatan mental secara keseluruhan.

5. Darah yang lebih baik

Vitamin K dan bioflavanoidnya yang tinggi, dapat mencegah pembekuan darah dan memperkuat pembuluh darah, jika Anda mengonsumsi terung secara rutin.

6. Memperlancar pencernaan

Karena terung hanya mengandung sedikit lemak dan kolesterol, sayuran berserat ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Seratnya, memungkinkan tubuh dapat secara mudah memproses makanan dan mendukung penyerapan nutrisi.

7. Membantu penderita anemia

Mereka yang menderita anemia akibat kekurangan zat besi, dapat melawan gejalanya dengan memasukkan terung dalam makanannya. Karena, daging terung memiliki banyak mineral penting termasuk zat besi dan tembaga yang membantu meningkatkan kesehatan sel-sel darah merah Anda.

8. Mengontrol diabetes

Seratnya yang tinggi dan rendahnya karbohidrat yang larut, membuat terung sangat ideal untuk dimasukkan dalam makanan jika Anda ingin mengontrol glukosa darah dan insulin dalam tubuh.

9. Kehamilan yang sehat

Asam folat sangat penting jika Anda sedang hamil, karena zat ini melindungi bayi dari kecacatan selama dalam kandungan dan melindungi perkembangan otaknya.

10. Kesehatan tulang

Terung mengandung sejumlah besar tembaga, vitamin K, dan fenol yang membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kepadatan mineral tulang, meningkatkan kekuatan tulang, serta kesehatannya secara menyeluruh. Namun jangan konsumsi secara berlebihan.( Bersambung Terus)

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.