TGR Kades se Kab.Madina Disoroti LSM dan Warga

Wartawan Malintang Pos Group di parkiran kantor Inspektorat/Dita Risky.

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sejumlah LSM(Lembaga Swadaya Masyakat)  dan Tokoh masyarakat di sejumlah desa, menyoroti dana TGR(Tuntutan Ganti Rugi) sejumlah Kades yang sampai sekarang belum melunasi dan membayar TGR sesuai hasil pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Mandailing Natal.

” Inspektorat seharusnya mendesak Dana TGR yang belum dikembalikan oleh Kades sesuai Dengan LHP yang telah dikeluarkan, ” Ujar Sekretaris LSM. Genta Madina Chandra Siregar, Senin(9/11) di Halaman Inspektorat Mandailing Natal.

Kata Chandra, TGR Desa Malintang Jae Kec. Bukit Malintang, Desa Simangambat TB Kec. Tambangan, Desa Pasar V Natal Kec. Natal, Desa Saba Jambu, Desa Gunungtua Jae Kec. Panyabungan, serta desa -desa lainnya tidak diketahui apakah sudah dibayar atau tidak.

” Enak sekalilah Kades yang telah korupsi hanya diberhentikan, uang negara yg di korupsi tidak diketahui secara jelas dikemanakan, ” ujar Chandra Siregar.

Ketua LSM. Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah, Senin(9/11) di Kantor Bupati, menyesalkan sikap Ka. Inspektorat yang telah memeriksa Kades yang sempat menimbulkan TGR diatas kertas, tapi pengembalian tidak ada.

Serta, atas dugaan penyalahgunaan Dana Desa(DD) lalu Kades di berhentikan, tapi uang yang di korupsikan hilang begitu saja tanpa ada pengembalian.

” Enaklah, korupsi ratusan juta tidak ada hukuman, artinya walau Korupsi tidak ada pengembalian uang yg di korupsi, atau jangan – jangan ada yg menerima sehingga Kades aman saja, ” ujarnya.

Seharusnya, Inspektorat Madina, jangan diam saja, tapi menagih semua TGR Kades dan jika Kades tidak kembalikan diserahkan ke Kejaksaan.

” Saya yakin jika Kades yg ada TGR dipanggil Kejaksaan atau Polisi, uang Dana Desa yang di korupsi akan kembali lagi, ” Katanya.

Artinya, jika uang TGR yg dikorupsi Kades sewaktu menjabat tidak dikembalikan, bagaimana Plt. Kades membuat Pertanggung Jawabannya di akhir tahun, jadi lucu.

Kepala Inspektorat Madina Marwan Bhakti Siregar, SH yang mau di konfirmasi belum berhasil.

” Inspektorat Madina saat ini lagi rapat dengan staf, ” Ujar staf Inspektorat Madina kepada Wartawan( Dita)

 

Admin : Dita Risky Saputri, SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.