Tim Nusantara Sehat Periode 1 Dilepas Bupati Madina

Pelepasan Personil Nusantara Seha

PANYABUNGAN (Malintangpos Online): Tim Nusantara Sehat periode 1 sebanyak 24 orang telah tiba di Mandailing Natal (Madina)  dan di lepas secara resmi Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution Melalui Sekretaris Daerah M. Safei Lubis,  yang bertempat di Aula Kantor Bupati Madina,  Rabu (24/05).

Hadir dalam pelepasan tim Nusantara Sehat,  Sekda Madina, Dinas Kesehatan Provsu, Ketua TP.PKK Madina Ny.Ika Desika Dahlan Hasan Nasution,  Kadis Kesehatan Madina,  Unsur Muspika,  personil Nusantara sehat dan Rombongan Kemenkes.

Pantauan Wartawan dalam acara pelepasan tim Nusantara sehat  sebelum memulai acara pelepasan Tim Nusantara sehat menyanyikan nyel- nyel dan motto nusantara sehat di sambut gembira para hadirin yang ada di ruangan pelepasan.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara  dengan Kadis Kesehatan Madina sekalian serah terima tim nusantara sehat

Sambutan Perwakilan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang juga Ketua  tim nusantara sehat Herlina Wati mengucapkan selamat bertugas kepada personil nusantara sehat di Mandailing Natal.

Semoga personil Nusantara sehat yang bertugas di Madina bisa menjalakan tugas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, dimana Mandailing Natal salah satu tim kesehatan yang paling terbanyak dari Kabupaten/ kota lainnya.

Kadis Kesehatan Madina Drg Ismail Lubis dalam laporannya mengatakan dari 26 puskesmas di Mandailing Natal cuman 4 Puskesmas yang di tugaskan  24 personil tim nusantara sehat.

Dari 24 orang dari tim nusantara sehat,  terdiri dari Bidan,  Perawat,  Dokter gigi,  dokter gizi,  Dr Kesling,  Analis Kesehatan,  Skm Formasi,  dan lainnya.

Sementara program Nusantara sehat bertujuan,  memberikan pelayanan kesehatan untuk menjangkau remote area,  menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan,  menangani masalah kesehatan sesuai dengan kebutuhan daerah,  meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas,  memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan menggerakan pemberdayaan masyarakat,  mewujudkan pelayanan kesehatan terintegrasi dan meningkatkan dan melakukan pemerataan pelayanan kesehatan.

Disampaikan Ismail,  di samping tujuan yang sudah kita canangkan,  kita juga harapkan kepada petugas tim nusantara agar mendorong masyarakat untuk memamfaatkan bunga pengusir nyamuk.

Sesuai dengan Permenkes nomor 43 tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan telah di tetapkan 12 SPM yang harus dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten/kota,  disamping itu saya ucapkan kepada tim nusantara sehat selamat bertugas di Bumi Gordang Sembilan.

Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution di wakili Sekda Madina Ahmad Safi’e Lubis dalam arahannya mengatakan Pelepasan Tim Nusantara Sehat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pinggiran mendapatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Mandailing Natal.

Tim Nusantara Sehat ini merupakan program Kementerian Kesehatan sebagai upaya penguatan pelayanan kesehatan dengan berbasis pada tim dan melibatkan dokter, bidan, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Program yang melibatkan berbagai bidang di dalam Kementerian Kesehatan yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif, tetapi juga juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat dari dearah yang paling membutuhkan sesuai dengan program membangun dari pinggiran.(Gus)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.