Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyesuaikan amanah Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 75 Tahun 2014, dijelaskan bahwa setiap Puskesmas wajib terakreditasi meliputi aspek lokasi, kondisi bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketenagaan, registrasi dan penyelenggaraan demi untuk pembinaan serta peningkatan mutu dan perbaikan kerja melalui sistem manajemen.
Kepala Dinas Kesehatan Palas, Leli Ramayulis Siregar, SKM melalui Sekretaris dr. Ummi Sahara Matondang didampingi Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar Iskandar Z. Harahap, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan ini adalah salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam mekanisme akreditasi pukesmas.
”Pendekatan yang digunakan dalam akreditasi Puskesmas ini adalah keselamatan hak pasien dan keluarga, dengan tetap memperhatikan hak petugas. Prinsipnya, ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan pelayanan,” sebut dr. Ummi
Ia berharap, dengan dilaksanakan workshop ini, pemahaman instrumen standard akreditasi puskesmas bisa tercapai dan terbentuknya tim akreditasi di seluruh Puskesmas yang ada di Palas. Inisiasi yang dilakukan dalam rangka percepatan Kualitas Pelayanan Kesehatan melalui Pra Survey Akreditasi dan Workshop ini diharapkan untuk meningkatkan pelayanan sarana kesehatan dasar khususnya Puskesmas kepada masyarakat, dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik pelayanan klinis, upaya Puskesmas dan manajerial.
Lanjut dr. Ummi, Dalam pelaksanaan akreditasi dilakukan penilaian dengan menggunakan standar akreditasi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Agar Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya dapat memenuhi standar akreditasi dibutuhkan pendampingan oleh fasilitator yang kompeten agar Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya dapat membangun sistem pelayanan yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyediakan pelayanan yang mutu, aman, dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan,” Sebutnya
Workshop tersebut dibimbing oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Sumut, serta dihadiri seluruh perwakilan dari 14 Puskesmas di Palas. (Edi)