TP PKK Madina Bersama Dinkes Madina Gelar Sosialisasi Pemeriksaan IVA Test

Kadis Kesehatan drg.ismail Lubis memberikan penjelasan kepada PKK Madina

PANYABUNGAN (Malintangpos Online) : Tim penggerak PKK,  Dinas kesehatan kabupaten Mandailing Natal dan BPJS Kesehagan adakan sosialisai dan pemeriksaan IVA Test di ambil tema “Kita Bisa,  Aku Bisa “, Selasa,  (25/04).

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Mandailing Natal, Drg.Ismail Lubis dalam sambutannya mengatakan Pemeriksaan kanker rahim terhadap ibu-ibu yang kita laksanakan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya,” ujarnya.
Pemeriksaan yang dilakukan pihaknya  telah melakukan pemeriksaan kanker mulut rahim kepada  156 orang,  yang mana 136 orang dilakukan dipuskesmas Panyabungan Jae dan selebihnya di puskesmas  Gunungtua.
Dikatakannya, pemeriksaan dan sosialisasi kanker rahim  yang dilakukan bertujuan merupakan  langkah awal  deteksi dini kepada  para ibu-ibu   atas  penyakit kanker mulut rahim sehingga nantinya bisa ditangani dengan cepat.
“Jika nanti ada yang positif terkena kanker rahim kita akan melakukan rujukan ke rumah sakit umum,” ungkapnya.
Sambutan Ketua Tim PKK Madina Ika Desika Dahlan Hasan Nasution mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat utamanya kaum perempuan agar rutin memeriksakan dirinya secara teratur dipuskesmas ataupun Rumah Sakit.
“Ini untuk kepentingan ibu-ibu semua karena dengan pemeriksaan ini, kita mengetahui apakah ada gejala kanker atau tidak, sehingga dapat dilakukan penanganan tepat dan cepat bila diketahui gejalanya,” imbau Desika.
Dan masyarakat umum tentang pentingnya pemeriksaan kanker serviks atau kanker leher rahim dengan metoda IVA test dengan harapan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kerja sama lintas sektor diberbagai jenjang baik di Kabupaten, kecamatan dan desa dalam upaya pencegahan dini kanker leher rahim.(Gus)
Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.