Tukang Sol Sepatu di Panyabungan Butuhkan Modal Usaha

Ditengah pandemi Covid – 19 yang melanda Dunia, termasuk Indonesia dan juga Kabupaten Mandailing Natal,berimbas juga kepada tukang SOL Sepatu, sandal di Kota Panyabungan yang setiap hari di pasar lama dan pasar baru.

Jumat pagi(20/11) Tukang Sol sepatu Nasruddin Rangkuty yang mangkal di samping Madina Square diajak penulis bincang – bincang terkait usaha yang digelugutinya sejak tahun 1995 yang lalu dengan raut muka sumringah sedikit malu dia cerita hidupnya sebagai tukang Sol sepatu dan Sandal.

” Sudah payah bang, dapat Rp 50.000.-/ hari sudah syukur Alhamdulillah dimasa Virus Corona ini, ” sebut Nasruddin Rangkuti mengawali bincang -bincang terkait usahanya.

Sejak tahun 1995 yang lalu masih pasar lama saya mulai hingga sekarang ini dan Saya punyak anak lima(5), dua sudah Tammat dari Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru dan satu yang cewek sedang Hafis Qur’an di Kota Medan.

Sedang yg lain ada di Musthafawiyah Purba Baru, SMP dan SD dan penghasilan sstiap hari Rp 50.000.- dan terkadang tidak ada.

Pernah dapat Bantuan Modal..?  Nasruddin Rangkuti dengan spontan menjawab ” Tidak Pernah, hanya Bantuan Sembako yang pernah” ujar sambil tertawa.

Memang, ada informasi bantual modal Rp 2.400.000.- tapi sudah di urus dan lengkapi syaratnya, tapi sampai sekarang belum ada jawaban, dengar -dengar sudah banyak yang dapat.

Dengan nada bertanya dengan logat Mandailing Nasruddin berkata ” Aso songon kami on inda bisa mandapot bang, penghasilan nami pe Rp 50.000/hari dapot, ” ujarnya dengan raut muka sedih sambil memohon agar Pemerintah Mandailing Natal mau membantu modal usaha.

” Jika pemerintah memberikan modal usaha yang Rp 2.400.000.- Insya Allah sudah bisa menambah modal usaha kami, ” ujar Nasruddin Rangkuty( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.