UKW Menjaga Harkat dan Martabat Wartawan di Mandailing Natal (1)

PERUSAHAAN PT.SMGP, Menjadi Sponsor, sekaligus melakukan ” Kerjasama ” Dengan Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kabupaten Mandailing Natal, Untuk melaksanakan ” Uji Kompetensi ” Bagi 24 Wartawan dari sejumlah Media Online adalah langkah yang sangat Fositif dan perlu dicontoh atau diikuti Perusahaan lainnya.

Kenapa..? Seperti sambutan mewakili Dewan Pers Dedi Syaputra, Ketua PWI Madina Ridwan Lubis, Ketua PWI Sumut Farianda Sinik, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis,SH dan Juga mewakili PT.SMGP, bahwa UKW bukan saja menguntungkan Wartawan, tapi juga menguntungkan Media, Perusahaan dan Pemerintah,TNI, Polri dan masyarakat juga di untungkan.

” Ada sekitar 312 Wartawan di Mandailing Natal dan selama ini ada 24 yang selalu Eksis ber integrasi dengan saya dan mungkin ditambah yang 24 sedang mengikuti UKW, ” Ujar Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis,SH, Sabtu(3/9) saat menyampaikan sambutan diacara pembukaan UKW di D’San Hotel Panyabungan.

Kata Erwin,Pelaksanaan UKW, tidak hanya memberikan manfaat kepada internal Pers namun juga seluruh masyarakat.

Hal itu terkait beberapa tujuan UKW, yakni meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan Pers, menegakkan kemerdekaan Pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

” Ada Wartawan yang Meng Wartawan kan dirinya Sendiri, tapi semua tetap ber Integrasi dengan saya, karena memang saya tidak membedakan, dengan UKW ini mudah – mudahan ada perubahan Wartawan di Mandailing Natal,” ujar Erwin Efendi Lubis,SH.

Sedangkan, Ketua PWI Sumut H.Farianda Putra Sinik, dalam sambutannya di Pembukaan Pelaksanaan UKW bagi 24 Wartawan Mandailing Natal, Sabtu(3/9) di D’San Hotel, menyampaikan bahwa Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW), menguntungkan semua pihak.

Kenapa..? Karena,Lulus UKW, Wartawan akan dapat bekal ilmu dan pengetahuan yang dapat memberikan produk pemberitaan yang berkualitas dan seimbang.

Kata dia, Wartawan yang telah lulus UKW juga memiliki etika yang baik, serta lebih mengedepankan perimbangan berita dengan mengacu kepada Kode Etik Jurnalistik.

Bahkan, ujar dia, UKW  Program PWI secara Nasional, tujuannya bukan semata untuk sertifikasi.

Namun, merupakan salah satu bentuk tanggungjawab organisasi dalam meningkatkan SDM Wartawan.

Kata Farianda, UKW bukan hanya untuk peningkatan SDM Wartawan, atau bukan hanya untuk kepentingan jurnalis.

Namun , berita yang baik juga dapat menciptakan suasana yang baik pula di tengah – tengah masyarakat.( Bersambung Terus)

Liputan :

1. Dita Risky Saputri, SKM

2. Siti Khoiriah

Admin : Iskandar Hasibuan.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.