UNBK di Madina Sukses(1), Pengangguran Bertambah Lagi, Harus Dicari Solusinya

Wabup Madina ketika meninjau UNBK di SMA Negeri

SEKALIPUN Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk Tingkat SMA dan MAN baru hari ini dilaksanakan dan untuk tingkat SMK sudah selesai pelaksanaannya,namun bolehlah kita katakana “Sukses” kalau kita lihat dari peninjauan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Madina HM.Jafar Sukhaeri Nasution dan Kadis Pendidikan Madina Jamilah,SH dibeberapa SMA yang berlangsung secara serentak hari ini Senin(10-04).

            Tetapi, dihadapan kita muncul kembali kalimat” Pengangguran” sebab tidak bisa kita pungkiri Lulusan SMK,SMA,MAN sangat sedikit nantinya yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan sudah dapat dipastikan angka pengangguran akan bertambah lagi diwilayah Mandailing Natal yang harus secepatnya dicarikan solusinya.

            Apa solusinya…? Solusi untuk mengurangi angka pengangguran untuk tingkat pendidikan SMA/SMK sederajat harus tercipta sektor yang padat dari konsumsi, keuangan atau sektor perdagangan dan jasa berskala besar dan harusnya pemerintah kedepan segera mencarikan jalan keluarnya, bukan bersifat pembiaran seperti selama ini.

            “Saat ini yang mendominasi adalah lulusan SMA, seharusnya lowongan pekerjaan harus banyak pada sektor yang mampu menampung para lulusan SMA dari daerah kita, kalau tidak maka angka pengangguran setiap tahun akan bertambah,” ujar seorang aktivis sosial di Kota Panyabungan kepada Malintangpos Online.

            Coba bayangkan, berapa banyak SMA/SMK/MAN di Mandailing Natal, yang masuk perguruan tinggi sangat sedikit disebabkan berbagai faktor yang membuatnya, karena itu angka pengangguran bertambah, kalau kita pakai pihak Statistik atau BPS kemungkinan mereka bisa mengumumkan nantinya, tapi yang jelas kita sebagai warga Mandailing Natal khususnya pemerintah harusnya memikirkan hal itu.

            Apa mungkin diatasi..? Siapa bilang ngak bisa dan siapa bilang bisa, makanya jangan kita hanya pandai memberikan kata-kata manis seperti selama ini, tapi ayolah seluruh lapisan masyarakat mendesak pemerintah untuk ikut memikirkan angka pengangguran yang semakin tahun semakin bertambah.(Bersambung )

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.