UNBK Tingkat SMP/MTs 2018 P. Sidimpuan di Selenggarakan 31 Sekolah dan UNKP 10 Sekolah

Suasana Pelaksanaan
UNBK di SMP Negeri 5 P.Sidimpuan

PADANG SIDIMPUAN (Malintangpos Online): Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs tahun pelajaran 2017/2018 yang dijadwalkan pada tanggal 23 – 26 April di Kota P.Sidimpuan yang diikuti 4196 siswa. Penyelenggaraannya pada 9 SMP Negeri dengan jumlah 2.326 siswa, 7 SMP Swasta dengan jumlah 524 siswa, 2 MTs Negeri dengan jumlah 667 siswa dan 13 MTs Swasta dengan jumlah 679 siswa.

Dinas Pendidikan Kota P.Sidimpuan melalui panitia penyelenggara Ujian Nasional (UN) tahun 2018, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Erwinsyah Nasution kepadaMalintang Pos pada Selasa (24/4) mengatakan pada UN 2018 kota P.Sidimpuan di ikuti 41 sekolah, satu diantaranya SLB. Rinciannya 31 sekolah melaksanakan UNBK, 10 sekolah melaksanakan UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pinsil). Dalam keterangannya Erwinsyah yang saat itu di dampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Kota P.Sidimpuan, Drs.Saiddin Batubara,M.Pd memaparkan bahwa sebelumnya Calon Peserta Ujian Nasional SMP dan MTs kota P.Sidimpuan berjumlah 4.707 siswa yang terdiri dari 4.250 peserta UNBK, 457 peserta UNKP termasuk diantaranya 6 orang siswa Sekolah luar Biasa (SLB). “ namun setelah dilaksanakannya UN hari pertama, kita ketahui bahwa terdapat 63 siswa yang mengundurkan diri atau Drop Out (DO) yakni 54 orang peserta UNBK dan 9 orang peserta UNKP,” ucapnya.

Lebih jauh dijelaskannya bahwa sekolah yang masih melaksanakan UNKP terdapat di 2 (dua) SMP Negeri dan 7 SMP Swasta serta 1 SLB. Pihaknya menargetkan pada Ujian Nasional tahun depan semua SMP Negeri dan Swasta di Kota P.Sidimpuan termasuk UN Tingkat Kesetaraan atau lazim di sebut Ujian Paket sudah menyelenggarakan UNBK di luar SLB. Sejauh ini sudah ada 21 sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri, paparnya.

Dari data yang diberikan pihaknya, di ketahui bahwa Ujian Nasional Tingkat Kesetaraan atau lazim di sebut Ujian Paket terdapat 253 peserta UNBK yakni 20 orang Paket A, 51 orang Paket B dan 182 paket C. Dari pantauan lapangan terlihat pelaksanaan UNBK di Kota P.Sidimpuan berjalan lancar. Kepala SMP Negeri 5 P.Sidimpuan, Jamali S.Pd mengatakan bahwa UNBK di sekolahnya berjalan lancar. Peserta UNBK sebanyak 296 siswa dalam pelaksanaannya di bagi dalam 3 (tiga) sesi, hal ini mengingat keterbatasan jumlah perangkat komputer berbanding jumlah siswa di sekolah tersebut. Begitu juga ada beberapa sekolah yang bergabung dengan sekolah lain karena hal yang sama. Mengenai kendala listrik, pihak sekolah telah mengantisipasi dengan menyediakan bahkan menyewa genset dari PLN.(ANS)

Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.