Wakil Bupati Madina ke – TPA Sampah Desa Batang Gadis Langkah Positif

SAMPAH merupakan salah satu faktor penyebaran penyakit dan pencemaran lingkungan.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Coba lakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Sampah merupakan salah satu faktor penyebaran penyakit dan pencemaran lingkungan.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Coba lakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle), yakni membatasi sampah, menggunakan ulang sampah, dan mendaur ulang sampah. membatasi sampah, menggunakan ulang sampah, dan mendaur ulang sampah.

Kalimat tersebut diatas ” Sangat Tidak Mungkin “ tidak diketahui atau dipahami oleh masyarakat kita di Kabupaten Mandailing Natal, yang kita tau sampai sekarang ” Sampah Masih Menumpuk “ disejumlah tempat di jalan sterategis di Kota Panyabungan yang kita ketahui Ibukota Kabupaten Mandailing Natal.

Sore tadi,Rabu (24/11) Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution, dengan sejumlah OPD, termasuk Kadis dan Sekretaris Lingkungan Hidup ” Mendatangi ” TPA di Desa Batang Gadis Kecamatan Panyabungan Barat, untuk melihat dari dekat keadaan dan kondisi TPA yang dibangun dengan anggaran Milyaran rupiah dulunya.

” Soal Sampah di Kota Panyabungan ” Bukan muncul di era ” Sukhairi – Atika” tapi sejak 7 Tahun yang lalu sudah menjadi Konsumsi Berita disetiap Edisi Koran Malintang Pos, Malintangpos Online dan Youtube yang disajikan Media Malintang Pos Group.

Sebenarnya, kehadiran Atika Azmi Utammi Nasution ke TPA Sampah diwilayah Banggua Desa Batang Gadis, harusnya ” Warning ” bagi pihak Dinas Lingkungan Hidup yang saat ini dipimpin oleh Kasmir Nasution S.Pd.MM.

Kenapa..? Bayangkan, Bupati/Wakil Bupati telah memberi Amanah kepada Dinas Lingkungan Hidup,sebagai Instansi yang paling ” Bertanggung Jawab ” soal Kebersihan, bukan saja di Kota Panyabungan, tapi seluruh wilayah Mandailing Natal.

Memang, jika berbicara masalah Sampah, banyak orang, baik ASN, Politisi, serta Elemen lainnya Memperbincangkan, tetapi minim solusi, sehingga hingga sekarang soal sampah ” Belum ” ada jawabnya yang bisa menjawab soal sampah, karena namanya juga Sampah.

” Sampah di Kota Panyabungan Tanggung Jawab Kita Bersama “ kalimat itu sering kita dengar ditengah – tengah masyarakat kita khususnya di Kota Panyabungan.

Karena itu, rencana Wakil Bupati Madina untuk ” Membicarakan ” sampah dengan berbagai pihak di Lingkungan Pemerintah Mandailing Natal, sangat Positif dan Bijak jika benar dilakukan agar dapat Solusi yang tepat.

Lintas Sektoral atau Kolaborasi.

Sebagai sumbang saran kepada Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal, mengatasi soal SAMPAH di Kota Panyabungan, dengan Lintas Sektoral atau Berkolaborasi dengan semua pihak.

Artinya, Undang semua pihak, libatkan semua elemen, walaupun sebenarnya  ASN yang jumlahnya ribuan orang kalau mau ” Bergerak dan Bicara ” di tengah – tengah mssyarakat akan dengan mudah bisa diatasi dan tidak ada lagi tumpukan sampah yang mengganggu penglihatan kita ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.