Walikota Hadiri Paripurna Istimewa HUT ke -104 Kota Tebing Tinggi

TEBING TINGGI(Malintangpos Online): Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tebing Tinggi ke-104 tahun, DPRD Kota Tebing Tinggi menggelar sidang paripurna istimewa di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Tebing Tinggi, Jln. dr. Sutomo, Kamis (01/07).

Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution, S.H. ini dihadiri Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M., Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Tebing Tinggi, Sekdako Muhammad Dimiyathi, S.Sos.,M.TP, Gubernur Sumut yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Kaiman Turnip, Ketua DPRD Kab. Serdang Bedagai M. Rizki Ramadhan Hasibuan,S.E.,M.K.M, Kalapas Kelas IIB Herliadi,S.Sos.,BC.I.P, tokoh agama, tokoh masyarakat dan insan pers se-Kota Tebing Tinggi serta tamu undangan.

Ketua DPRD Kota Basyaruddin Nasution, S.H. menyampaikan terimakasih kepada pendiri dan pejuang Kota Tebing Tinggi. Dan berharap kepada pemangku jabatan agar kiranya dapat bekerjasama membangun kota Tebing Tinggi.

“Sering dengan berjalan waktu demikian cepat, kita kembali memperingati hari jadi Kota Tebing Tinggi yang dipelopori oleh Datuk Bandar Kajum 104 tahun dan ucap terimakasih kepada pejuang sehingga kita bisa merasakan kemerdekaan di Kota Tebing Tinggi ini. Kepada pemangku jabatan, bersama-sama bergandeng tangan, kiranya ini dapat menjadi momentum dalam membangun kota,” ucap Ketua DPRD.

Sementara itu, Wali Kota Tebing Tinggi mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi Kota Tebing Tinggi hari ini adalah peresmian dari pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Terkait hal itu, pada tanggal 29 Juni lalu telah dilakukan seminar menelusuri hari lahir Kota Tebing Tinggi.

“Tanggal 29 Juni lalu, telah dilakukan suatu seminar untuk menelusuri hari lahir Kota Tebing Tinggi. Sejarah telah digali dan jauh sebelum-sebelumnya Kota Tebing Tinggi telah ada dibuktikan dengan kerajaan-kerajaan yang telah terbentuk sebelum ada Kolonial Belanda, yaitu Kerajaan Bajenis, Kerajaan Padang sudah ada. Serta situs sejarah makam almarhum leluhur kita dibelakang Masjid Raya dan telah dipindahkan dengan catatan lengkap,” urai Wali Kota.

“Kami ingin nyatakan temuan-temuan sejarah akan ditelusuri lebih jauh, guna mencari suatu fakta yang benar bahwa Kota Tebing Tinggi sudah ada sebelum Kolonial menjajah,” tambah Wali Kota.

“Dan kami berterimakasih kepada Polda Sumut yang telah memberi peta gementee (wilayah) sebagai pedoman bahwa tahun 1918 Tebing Tinggi telah ada. Terimakasih juga kami sampaikan kepada Gubernur atas pemberian Training Center (TC) Sosial kepada kami. Sebagaimana jalan Provinsi agar cepat diperbaiki. Kerjasama antar daerah Kabupaten/Kota tetap kami galakkan. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir,” tutup Wali Kota.

Dalam sambutan Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Pemprov Sumut Kaiman Turnip menyampaikan, bahwa peringatan HUT Kota Tebing Tinggi ini untuk mengenang jasa dan dharma bakti pendiri Kota Tebing Tinggi, dan kepada penerus staf ahli Gubernur berpesan agar kiranya dapat bahu-membahu bersama untuk melanjutkan pembangunan Kota Tebing Tinggi.

“Peringatan ini untuk mengenal jasa dan Dharma Bhakti pendiri. Bahu-membahu bersama melanjutkan pembangunan Kota Tebing Tinggi yang kita cintai. Kembali kami sampaikan apresiasi hormat kepada para pendiri yang telah mendedikasikan hidupnya untuk Kota Tebing Tinggi,” ucap Kaiman Turnip.

Sidang paripurna diakhiri dengan pemberian souvenir, plakat dan penyerahan simbolis santunan klaim dari BPJS Ketenagakerjaan serta dilanjutkan acara pelepasan balon ke udara dan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur HUT Kota Tebing Tinggi ke 104 tahun, di depan halaman Gedung Balai Kota.(Info/NUR/red)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.