Walikota Kukuhkan Unit Saber Pungli Kota P.Sidimpuan

P.SIDIMPUAN(Malintangpos):Menindak lanjuti  Undang-Undang nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas Saber Pungli dan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, perlu dibentuk unit Saber Pungli. Walikota P.Sidimpuan Andar Amin SSTP M.Si Kukuhkan unit Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)  kota P.Sidimpuan bertempat di aula pendopo kantor walikota Selasa (14/2).
Keberadaan unit Saber Pungli di Kota P.Sidimpuan bertujuan dalam menyelenggarakan fungsi Intelijen, Pencegahan penindakan serta mempunyai kewenangan membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar. Selain itu juga membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas menghabisi pungutan liar di berbagai sektor pelayanan Publik dengan berbagai tingkatan, sebut Walikota pada bahagian kata sambutannya.

Diharapkan untuk itu unit Saber Pungli di Kota P.Sidimpuan menjadi motor penggerak perubahan dalam pencegahan tindakan pungli dan harus sangat terbuka terhadap laporan yang  dari masyarakat langsung.

” Jadi yang mencari tempat tempat terjadinya pungli itu tidak sekedar hanya satuan unit Saber Pungli, tetapi juga masyarakat diminta dan dilibatkan dalam memberikan informasi dan laporan. Masyarakat juga dapat melaporkan segala bentuk pungli yang terjadi kepada atau dilakukan oleh unit sapu bersih pungli itu sendiri ”tegas Walikota.

Adapun Unit Saber Pungli antara lain, Walikota P.Sidimpuan sebagai penanggung jawab. Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri P.Sidimpuan sebagai wakil penanggung jawab,Wakapolres P.Sidimpuan ketua pelaksana dan Inspektorat kota P.Sidimpuan sebagai Sekretaris.

Kelompok Kerja Intelijen diketuai Kasat Intel Polres P.Sidimpuan yang beranggotakan kasi Intel Kejari, Inspektur pembantu wilayah I,  Zul Safran Hasibuan, SH di Kejaksaan Negeri dan Ipda purba saat Intel Polres P.Sidimpuan.

Sedangkan Kelompok kerja pencegahan diketuai kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas II B yang beranggotakan Kasat Sabhara, Kasat Binmas Polres P.Sidimpuan Kabag hukum pada Setda, Inspektur pembantu wilayah II di inspektorat kota P.Sidimpuan dan Ali Asron Harahap,SH. MH dari Kejaksaan Negeri P.Sidimpuan.

Seterusnya Kelompok Kerja Penindakan diketuai Kasat Reskrim Polres kota P.Sidimpuan yang beranggotakan kasi Datun Kejaksaan Negeri, Inspektur pembantu wilayah II Inspektorat Kota P.Sidimpuan Sulaiman Harahap SH Kejaksaan Negeri, Dani Hermanto Satreskrim Polres P.Sidimpuan.

Kemudian Kelompok kerja Yustisi diketuai kasi Pidsus Kejaksaan P.Sidimpuan dengan anggota sekretaris Inspektorat, Kanit Reskrim Polres Sri Mulyati Saragih SH Kejaksaan Negeri Ipda Dedi Ansah Ginting SH satreskrim Polres P.Sidimpuan, serta Sekretariat kasi pengawasan Polres P.Sidimpuan Kanit Propam Polres Sartono Siregar, SH, Yuana Darma, SH dari Kejaksaan Negeri P.Sidimpuan. (ANS)

Admin :Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.