Warga Batang Natal ke Malintang Pos, DD Tahun 2018 Diharapkan Warga Diperiksa Polisi

Bangunan DD TA 2018 Ampung Julu/Samsuddin Nst

BATANG NATAL(Malintangpos Online):” Bukan Satu Jalan ke Roma,” Pribahasa itulah mungkin yang cocok disampaikan kepada 6 orang warga dari berbagai desa di Kecamatan Batang Natal, Sabtu siang (4-5) mendatangi Kantor Perwakilan Malintang Pos di Jalan Willem Iskander Dalan Lidang Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, untuk menyampaikan persoalan anggaran Dana Desa(DD) sejak tahun 2015 – 2018 yang di Mark Up dan kualitas proyek fisik diragukan.

            “ Kami datang ke Malintang Pos bukan mau menuduh Kades dan Camat Korupsi, hanya saja mayoritas proyek fisik yang di programkan di RAPBDes setiap tahunnya kualitasnya kurang bagus dan anggaran juga kemungkinan besar Mark Up, sehingga sekarang disetiap desa banyak warga yang menuduh Kades korupsi,” ujar jurubicara warga Batang Natal Mahyuddin mengawali pembicaraan dengan Pimpinan Redaksi Malintang Pos, Sabtu siang ( 4-5) di ruang kerjanya.

            Kata Mahyuddin, misalnya DD Tahun 2018 Desa Ampung Julu yang nilainya Rp 167 juta lebih di Plank proyeknya untuk pembangunan Jalan Pros desa yang sampai Bulan Februari 2019 masih dikerjakan, boleh dikatakan kualitasnya sangat-sangat jauh dari yang diharapkan masyarakat, sehingga warga banyak saling curiga.

Pipa DD Ampung Julu

“ DD Desa Ampung Julu tersebut telah pernah kami laporkan ke Camat, Kapolsek dan Inspektorat di Panyabungan, serta Kadis PMD Madina juga sudah dilaporkan, tetapi sama sekali tidak ada tindak lanjutnya,” ujar Mahyuddin lagi.

            Mungkin, ujarnya, Kades dan Camat Batang Natal diduga telah main mata dengan Inspektorat maupun Polisi, sebab pengaduan warga sama sekali tidak ditanggapi, apakah memang warga tidak boleh atau tidak berhak ikut mengawasinya, setahu kami siapa saja boleh mengawasi, bukan harus polisi dan Inspektorat saja.

            Karena itu, katanya, warga sangat berharap sekali agar Redaksi Malintang Pos dapat menugaskan wartawannya untuk melakukan Investigasi langsung ke seluruh desa yang ada di Kecamatan Batang Natal, kalau tidak DD yang merupakan Nawacitanya Presiden RI Ir.Joko Widodo itu akan tidak tepat sasaran dan anggaran lebih banyak di grogoti.

            Pimpinan Redaksi Malintang Pos Iskandar Hasibuan, pada pertemuan itu mengatakan dalam waktu dekat ini akan langsung turun tangan bersama dengan Wartawan untuk melakukan Investigasi, sebab bukan diwilayah Batang Natal saja seperti itu, daerah atau desa desa lainnya juga seperti yang disampaikan warga.

            “ Masalah DD sudah seperti borok yang sulit disembuhkan, karena DD tersebut sudah bahan perpecahan ditengah-tengah masyarakat, sebab banyak Kades yang mengabaikan peraturan ataupun petunjuk tehnik yang dipakai dalam mengelola DD,” ujar Iskandar Hasibuan sambil berjanji akan membuka secara transparan beritanya nanti ( Red)

 

 

 

Liputan/Laporan : Samsuddin Nasution FKI 1

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.