Warga dan LSM ke Malintang Pos, Dana Desa Sopo Batu “Mark Up “ Kades Diduga Korupsi

Rabat Beton Desa Sopo Batu/Dokumen

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sejumlah warga Desa Sopo Batu Kecamatan Panyabungan,Kabupaten Mandailing Natal,Sumatera Utara bersama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) mendatangi Kantor Redaksi Malintang Pos, untuk menyampaikan aspirasi terkait anggaran Dana Desa(DD) yang sengaja di Mark Up oleh Kepala Desa(Kades) setiap tahunnya.

            Selain itu, warga juga melaporkan bahwa Pengurus Badan Permusyawaratan Desa(BPD) juga adalah hasil rekayasa Kepala Desa, sebab kepengrusan BPD bukan hasil Musyawarah Desa(Musdes) seperti desa-desa lainnya di Mandailing Natal, apalagi Ketua BPD Desa Sopo Batu masih merupakan keluarga dekat Kepala Desa.

            “ BPD dibentuk tanpa Musdes, Ketua BPD adalah keluarga dekat Kades, yang lucunya diduga usia Ketua BPD belum cukup, serta masalah kualitas proyek Jalan Rabat Beton dari Sigalapang – Sopo Batu anggarannya kurang lebih Rp 500 juta, kualitasnya sangat Bobrok dan asal jadi,” ujar Sekretaris LSM. Genta Madina Chandra Siregar kepada Malintangpos Online, Jumat sore(24-1) mengawali pembicaraan dengan Pimpinan Redaksi di Lantai II Kantor itu.

            Kata Chandra, setelah mendapat laporan dari warga Desa Sopo Batu, pihaknya langsung meninjau proyek fisik yang disampaikan warga, ternyata proyek Jalan Rabat Beton Sigalapang- Sopo Batu sudah banyak yang hancur dan memang untuk membangunnya memerlukan anggaran besar, sebab semua bahan baku harus melalui pengangkutan yang mahal, tapi kok kualitasnya separah itu dibuat Kades.

            Wajarlah warga menyampaikan kepada kita, sebab ada kemungkinan masyarakat Desa Sopo Batu masih satu keluarga di desa itu, hanya saja terpaksa warga melaporkannya, sebab jika dibiarkan maka Kades dengan kroninya akan menggerogoti APBN yang di buat program Dana Desa(DD) setipa tahunnya.

Rabat Beton ke Desa Sopo Batu

Disebutkannya, tahun 2015-2016-2017 -2018 dan 2019 anggaran Dana Desa(DD) sudah berapa milyar ke desa itu, silakan lihat langsung pak.Kepala Inspektorat, Kejaksaan Negeri Mandailing Natal dan Polisi maupun Bupati Mandailing Natal, belum ada perubahan yang berarti hingga sekarang ini di Desa yang masuk di Kota Panyabungan itu, atau sekitar 7 Km dari Kantor Camat Panyabungan.

            Memang, ujarnya, membuat Jalan Rabat Beton dari Sigalapang – Sopo Batu jika digunakan anggaran Dana Desa(DD) setiap tahunnya memang belum selesai, tapi jika kualitasnya seperti yang kita buat fotonya, tentu sudah selesai dan kondisinya cepat rusak, karena itulah warga berharap agar Kepala Desa(Kades) segera diperiksa.

            “ Saya yakin betul, bahwa Kades Sopo Batu maupun BPD nya diduga telah menyalahgunakan anggaran Dana Desa(DD) untuk kepentingan pribadi mereka, lihat saja kondisi desa itu, serta anggaran Pemberdayaan juga ada dugaan disalahgunakan oleh Kepala Desa,” ujar Chandra Siregar mewakili sejumlah warga desa itu.

            Pimpinan Redaksi Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan, dalam kesempatan itu, mengutarakan bahwa Redaksi telah memerintahkan Wartawan Suaib Nasution untuk konfirmasi kepada Kepala Desa(Kades), sayangnya tidak berhasil, sesuai keterangan yang diterima, Kepala Desa lagi di ladang/di kebun waktu itu.

            “ Saya telah perintahkan Via selular kepada Wartawan Malintang Pos Suaib Nasution agar Konfirmasi kepada Kades, hanya saja hingga berita ini naik, belum ketemu dan belum ada hasil konfirmasi kepada Redaksi,” ujar Iskandar Hasibuan dan warga juga pulang dengan tertib ke tempat mereka kembali dan akan kembali jika tidak ada beritanya keluar ( Red)

 

Liputan :Redaksi

Admin   : Nisra

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.