Warga Datangi Malintang Pos, Dana Desa Panyabungan Timur “Mark Up”

Ilusterasi Dana Desa

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sebanyak 10 orang warga dari berbagai Desa diwilayah Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal, Jumat pagi(17-11) pukul 09.30 Wib mendatangi Kantor Perwakilan Skm.Malintang Pos di Jalan Willem Iskander Dalan Lidang Kec.Panyabungan,untuk menyampaikan asfirasi masyarakat terkait dengan di “ Mark Up “ anggaran Dana Desa khususnya Tahun 2016 dan 2017.

            “ Pengaduan kami telah disampaikan ke Inspektorat, DPRD, Bupati Madina, Kapolres Madina, Kejaksaan Madina agar seluruh desa diwilayah Panyabungan,segera diaudit anggarannya, sebab mayoritas desa melakukan musyawarah guna untuk pembangunan fisik maupun pemberdayaan anggarannya dibesarkan alias Mark Up,” ujar Khoirul Afandi Nasution sebagai jurubicara masyarakat,Jumat(17-11) dikantor Perwakilan Malintang Pos.

            Menurut Khoirul, seharusnya polisi dan Kejaksaan turun langsung melihat dari dekat seluruh pelaksanaan Dana Desa(DD) diwilayah Panyabungan Timur, sebab sudah tiga(3) tahun anggaran yaitu 2015-2016 dan 2017 dibangunkan nampaknya bangunan yang telah dibangun justuru sudah rusak disebabkan anggaran besar, tapi kualitasnya bobrok.

            Kata dia, jika anggaran Dana Desa(DD) Panyabungan Timur benar-benar dibangunkan seperti adanya bangunan yang mencapai dua kali lipat dengan bangunan yang seharusnya, sebab kalau melihat dari bangunan Rabat Beton dan Bangunan Gedung seperti MCK dan Gedung dijamin Tim Tekniknya kurang efektif, akibatnya Kades akan berurusan dengan aparat penegak hukum jika dilakukan pengusutan.

            Disebutkannya, silakan BPKP, Inspektorat, Polisi, Jaksa melakukan pemeriksaan ataupun audit, pasti Kades/aparat desa khususnya Bendahara Desa akan kelabakan dan bahkan bisa lari disebabkan tidak mampu membuat pertanggung jawaban pelaksanaan Dana Desa(DD) yang telah berjalan tiga tahun anggaran itu.

            Disampaikan Khoirul, hampir satu bulan warga melakukan Investigasi di setiap desa, rata rata Kades, bendahara dan TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) sangat akrab, tapi kalau dengan Sekdes dan BPD/LPM serta masyarakat lainnya, ketiga aparat pelaksana DD tersebut dipastikan bermusuhan, karena itulah warga datang ke Malintang Pos dengan harapan untuk diberitakan, sebab jika hanya diadukan sampai sekarang ini sama sekali tidak ada tindak lanjutnya.

            Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi Malintang Pos Iskandar Hasibuan, kepada warga Panyabungan Timur berjanji dalam beberapa hari ini akan turun langsung melihat dari dekat kondisi Dana Desa(DD) yang dibangunkan oleh Kades/aparat desa, sekaligus akan membuat beritanya secara bersambung.

            “Terima kasih kepada warga Panyabungan Timur yang telah memberikan kepercayaan untuk menyampaikan asfirasi masyarakat terkait dengan pelaksanaan Dana Desa diwilayah Panyabungan Timur,” ujar Iskandar Hasibuan(Red)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.