Warga Desa Aek Marian dan Lancat Optimis, Desakan Ganti Kadis PMD Madina Terus Mengalir

Warga Aek Marian ketemu Kadis PMD Madina/Foto Putra

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): “ Kami Sangat Optimis bahwa Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution akan mengganti Kepala Dinas PMD Muhammad Ikbal, karena telah mengajukan pelantikan Kades yang masih bermasalah,” ujar  Siti Maryam Nasution,SH.

            Hal itu disampaikan Siti Maryam Nasution ketika berkunjung ke Kantor Pusat Skm.Malintang Pos Group di Jalan Bermula Kelurahan Panyabungan II Kec.Panyabungan, Senin malam (28-1) bersama Tokoh masyarakat Desa Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Merapi dan juga Tokoh Masyarakat Desa Lancat Kecamatan Linggabayu yang Kades terpilih belum dilantik.

            Disampaikan Siti Maryam Nasution,SH yang khusus datang dari Jakarta guna untuk mendesak Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution agar segera mengganti Kadis PMD Madina Muhammad Ikbal, sebab keputusannya melantik Kades Aek Marian adalah sangat tidak tepat, sebab masih ada tuntutan masyarakat dan ditambah adanya staf Dinas PMD yang merondokkan surat protes dan penjelasan masyarakat yang ditujukan kepada Kadis PMD.

            Kata dia, adanya keterangan Kadis PMD yang mengatakan “ Pelantikan Jalan Terus, Masalah Jalan Terus,” tentu sangat bertentangan dengan tidak dilantiknya Kades Lancat yang jelas-jelas sudah terpilih dan wajar untuk dilantik, walaupun ada protes terkait dugaan keabsahan Ijazahnya yang dimajukan maju sebagi Cakades.

            Disebutkan, bukankah ada panitia seleksi penerimaan Bacakades, apa Panitia tidak teliti, apa ijazahnya yang dimajukan melalui Panitia ada yang bermain, harusnya sejak awal Panitia seleksi Bacakades yang mengklarifikasi, bukan setelah terpilih, ini sudah tidak benar lagi dan jika kita kaitkan dengan ucapan Kadis PMD, tentu harusnya Kades Lancat yang terpilih dilantik juga, kenapa dia ngak dilantik, ada apa ini.

            “ Kami sebagai warga yang berasal dari Kecamatan Lembah Sorik Merapi, sangat yakin sekali bahwa kejadian Pilkades Aek Marian dan PIlkades Lancat tidak dilaporkan secara detail kepada Bupati, sehingga Bupati melantik Kades yang belum bisa dilantik karena ada masalah,” ujar Siti Maryam Nasution,S

 “Kami meminta kepada Bupati Madina untuk mengganti Kepala Dinas PMD Madina, Muhammad Ikbal,” kata Tokoh Masyarakat Desa Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Fatahuddin dan Muslim Rangkuti kepada wartawan di Panyabungan, Senin (28/1/2019).

Keduanya menilai Kepala Dinas tersebut “plin plan” dalam menerapkan aturan khususnya dalam pelantikan Kepala Desa (Kades) sehingga timbul kekecewaan di kalangan masyarakat khususnya masyarakat Desa Aek Marian.

 “Kekecewaan kita terhadap Kadis PMD Madina karena telah melantik kepala Desa Aek Marian terpilih, yang mana saat pemilihannya kita duga syarat kecurangan,” jelasnya.

 Sebelumnya, kata Fatahuddin, dugaan kecurangan pelaksanaan Pilkades di Desa Aek Marian ini sudah dilaporakannya ke Dinas PMD Madina, akan tetapi surat pengaduan tidak sampai ke dinas tersebut.

 “Namun entah siapa yang bermain, surat penjelasan laporan tersebut tidak sampai ke Dinas PMD Madina,” paparnya.

 Fatahuddin menyatakan, dalam laporan tersebut disampaikan, agar Pilkades Aek Marian diulang, karena mereka menduga pelaksanaan Pilkades di desa tersebut diduga sarat kecurangan.

“Dugaan kecurangan yang ditemukan adalah tidak adanya sosialisasi dilakukan panitia desa, serta diduga adanya pemilih di bawah umur,” terangnya.

 “Masyarakat pernah mendatangi Kepala Dinas PMD Madina, beliau menyampaikan belum ada menerima surat tersebut. Jika pun surat itu diterima, proses pelantikan desa terpilih tetap lanjut, dan proses pengaduan juga lanjut.

 Yang artinya pengaduan masyarakat tidak menghalangi proses pelantikan,” ceritanya. Sementara itu, sambung dia, Calon Kepala Desa Lancat sudah ada terpilih dan sudah ditetapkan panitia sebagai pemenang juga gagal dilantik, dengan alasan karena ada laporan masyarakat yang sedang proses. “Apa bedanya Desa Lancat dan Desa Aek Marian, kita juga melaporkannya.

 Sementara komentar Kepala Dinas PMD pernah mengatakan jika ada laporan proses pelantikan jalan terus,” paparnya.

 Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kadis PMD Muhammad Ikbal Lubis mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan proses Pilkades sampai pelantikan, namun terkait dengan adanya kades yang tidak ikut dilantik, hal tersebut hanya sebatas penundaan saja.

 “Terkait dengan penundaan pelantikan Kades Lancat atas nama Khoiruddin ini karena adanya persoalan dan informasi yang kami terima terkait dengan ijasahnya dan sampai saat ini persoalan ini masih kita tinjau,” katanya.

Tidak hanya pelantikan Kades Lancat, Ikbal mengatakan pihaknya juga menerima pengaduan dari masyarakat Desa Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Marapi tentang pelantikan Kades di desa tersebut.

Sedangkan warga Desa Lancat Kec.Linggabayu di Panyabungan NB.Nasution, mengaku sangat yakin betul (Optimis) bahwa Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution akan mengganti Kadis PMD Madina Muhammad Ikbal, sebab telah memberikan keterangan yang sangat bertentangan dengan kenyataan yang terjadi.

“ Pelantikan Jalan terus kepada hasil Pilkades serentak, masalah yang muncul juga jalan terus, tapi nyatanya Kades terpilih Desa Lancat tidak dilantik, inikan merusak nama baik Bupati, tentu wajar Bupati menggantinya,” kata Nasution di kantor Redaksi Malintang Pos Group (Red-Tin)

 

 

 

 

Liputan : Humas Redaksi Malintang Pos Group

Admin : Siti Putriani Lubis

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.