Warga Desa Aek Mual ke Malintang Pos, Minta Tipikor Polres Madina Periksa Kepala Desa

Dana desa Aek Mual tahun 2018/Mhd.Efendi

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sejumlah warga Desa Aek Mual Kecamatan Siabu,Kabupaten Mandailing Natal, Jumat malam (18-10) dikawal LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) mendatangi Kantor Malintang Pos di Jalan Willem Iskander Dalan Lidang Panyabungan, untuk meminta agar Malintang Pos meminta Tipikor Polres Mandailing Natal, memanggil Kepala Desa.

            Kenapa rupanya..?  Karena Dana Desa(DD) baik tahun 2017, 2018 dan juga 2019 dalam pelaksanaannya dilapangan, selain anggarannya diduga Mark Up, juga sistem pekerjaannya, baik ketika memasang  TPT Jalan maupun penimbunannya jauh dari RAB yang tercantum dalam APBDes nya, sehingga kualitasnya jauh dari apa yang telah di musyawarahkan.

            “ Kami datang ke Malintang Pos, semata-mata untuk meminta tolong agar membantu masyarakat untuk melaporkan Kepala Desa(Kades) ke Tipikor Polres Mandailing Natal, karena proyek fisik yang dikerjakan asal-asalan, seperti yang ada dalam foto,” ujar warga kepada Pimpinan Redaksi Malintang Pos Iskandar Hasibuan, Jumat malam (18-10) mengawali pertemuan dikantor Malintang Pos Jalan Willem Iskander Dalan Lidang Panyabungan.

Dana Desa Aek Mual Tahun 2017/Fendi

Disebutkan warga, misalnya di proyek Dana Desa(DD) tahun 2017 selain campuran semen yang kurang sesuai, juga pondasi TPT Jalan yang dibangun tidak pake pondasi sebagaimana RAB dan gambar proyek dan ketika penimbunan dimana dalam musyawarah dibuat dengan Sirtu, nyatanya ditimpun pakai potongan kayu dan bahan kayu lainnya.

            Kata mereka, begitu juga dengan proyek Dana Desa tahun 2018, juga pembangunan yang sama, yaitu TPT Jalan sepanjang  180 Meter, dengan anggaran Rp 265.720.000,- dan oleh TPK Desa Aek Mual serta Pendamping Desa di mungkinkan Kong Kalikong dan juga pihak Inspektorat dipastikan mendapat keuntungan tersendiri ketika meloloskan pemeriksaannya.

            “ Jika benar diawasi oleh Inspektorat dan Pendamping Desa, ngak mungkin ada masyarakat yang protes, ngak mungkin warga datang mengadu ke Malintang Pos, ngak mungkin Viral di Facebook Mhd.Edendi Pulungan, tentu itulah pintu masuk bagi Polisi untuk memanggil Kepala Desa,” ujar warga secara serentak di Malintang Pos.

Dana Desa Aek Mual Tahun 2018/Fendi

Pimpinan Malintang Pos Iskandar Hasibuan, dalam kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Aek Mual Kecamatan Siabu, yang datang mengadukan atau membawa aspirasinya terkait Dana Desa.

            Kata Iskandar, pihaknya akan menugaskan Wartawan Malintang Pos melaporkan Kades nantinya ke Tipikor Polres Mandailing Natal dan juga berharap kepada Kapolres Mandailing Natal, agar memanggil Kades Aek Mual, membawa RAB DD Tahun 2017-2018 dan 2019 untuk dilakukan peneyelidikan kebenaran laporan dan keluhan masyarakat.

            “ Kalau yang seperti di foto itulah kerjaannya Kades bersama pekerja Dana Desa, sebaiknya Polisi memanggil Kades dan seluruh pekerja yang ikut membangun fisik Dana Desa(DD) di Desa Aek Mual dan juga Auditor yang ditugaskan Kepala Inspektorat Madina juga harus dipanggil Polisi, kenapa proyek DD tersebut bisa Lolos dari pemeriksaan,” ujar Iskandar Hasibuan dan setelah mendapat penjelasan warga pulang dengan tertib ( red)

 

 

Liputan : redaksi

Admin   : Iskandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.