Warga Panyabungan Barat Protes, Bupati Madina Segera Tindak ASN di Puskesmas Longat

Pegawai Puskesmas Longat ketika Apel/Aris Moenandar

LONGAT(Malintangpos Online): “ Jangan rusak pelayanan yang telah baik di Puskesmas Longat Kecamatan Panyabungan Barat,” Kalimat itulah yang disampaikan sejumlah elemen masyarakat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, yang mengamati akhir-akhir banyak ASN(Aparatur Sipil Negara) maupun TKS/Honorer yang kurang menjalankan tugasnya dengan baik.

            “ ASN dilantik oleh Bupati Madina atas Nama Menteri Dalam Negeri, TKS/Honor lebih banyak yang bayar mau masuk menjadi Pegawai, janganlah merusak mekanisme dan sistem pelayanan masyarakat yang mau berobat ke UPT.Puskesmas, karena itu, wajarlah Bupati maupun Kadis Kesehatan Mandailing Natal, untuk memberikan sanksi kepada ASN/TKS/Honor yang kurang melaksanakan tugas dengan baik,” ujar Rahmad Nasution warga Kec.Panyabungan Barat, Sabtu siang(21-12)

            Kata Rahmad, selama hampir dua minggu ini saya pantau kegiatan UPT.Puskesmas, baik pagi atau sore hari selalu ada Apel dibuat, kadang orangnya ngak sampai sepuluh yang apel, kadang lebih sepuluh orang, padahal ASN/Honor/TKS kabarnya puluhan orang jumlahnya, sehingga terkadang kita melihat pelayanan di UPT.Puskesmas tersebut sedikit terlambat, bukan tidak dilayani.

            Kata dia, setelah dicoba ditelusuri kedalam Puskesmas, ternyata ada beberapa ASN, Honor/TKS yang ingin melakukan protes kepada Ka.UPT.Puskesmas agar segera dimutasi dari Puskesmas tersebut dan kita sebagai warga bingung dibuatnya, kenapa Ka.Puskesmas yang mau dimutasi, alangkah aktifnya Ka.UPT tersebut menjalankan tugasnya.

            Darimana mengetahuinya ..? siapapun orangnya, dulu sebelum Ka.UPT yang sekarang, kondisi Psukesmas tidak seperti sekarang ini, masyarakat yang berobat juga sedikit, sekarang silakan lihat langsung ke Puskesmas, semua lengkap, masyarakat banyak berobat, kenapa Ka.UPT di protes, inilah yang membuat kami sebagai warga memohon sangat kepada Bupati agar segera menindak semua ASN, Honor, TKS yang protes diambil tindakan dengan memutasinya ke Dinas Kesehatan untuk dibina oleh Kepala Dinas Kesehatan.

            “ Bingung kita melihatnya, ngak percaya ada oknbum-oknum ASN yang mengajak Pegawai Honor dan TKS untuk protes, apakah pegawai Honor dan TKS tersebut tidak menyadari dirinya bisa diputuskan kontraknya jika satu tahun berlalu,” ujarnya lagi.

            Secara terpisah, Burhanuddin warga Panyabungan Barat juga, menilai Kadis Kesehatan Madina dr.Syarifuddin Nasution lepas tanggung jawab dari keadaan di Puskesmas Longat, karena Kadis tersebut dipastikan mengetahui siapa-siapa yang melakukan aksi di Puskesmas itu, harusnya Kadis langsung mengambil tindakan, bukan pura-pura tidak tau.

            Mungkin KUP.Puskesmas yang kurang beres..? tanya Wartawan “ pertanyaannya bagus, tadikan sudah ada yang menyampaikan bahwa baru setelah Ka.UPT sekarang lah makanya seperti itu bagusnya bangunan dan pelayanan di Psukesmas tersebut, kalau dulu paling banyak dua atau 3 orang yang datang warga berobat,” ujarnya lagi.

            “ Pak Bupati dan Kadis Kesehatan Mandailing Natal, tolong ASN/Honor/TKS yang melakukan protes segera ditindak, karena Ka.UPT Puskesmas juga sudah berupaya maksimal selama ini mengantar Puskesmas Longat Diakreditasi Madya, jika tidak mungkin Puskesmas Longat akan teriminilasi oleh Kementerian Kesehatan,” katanya dengan tegas.(AR/Red)

 

 

Liputan    : Aris Moenandar

Admin      : Iskandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.