Ada Apa Ombudsman di Kabupaten Mandailing Natal..?

Pegawai Puskesmas Kayulaut saat dikantornya/Akhiruddin

Kita tau bersama, bahwa Ombudsman berfungsi mengawasi penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan Pemerintah baik Pusat maupun derah, termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara serta Badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu.

Karena itu, adanya informasi bahwa Ombudsman saat ini kabarnya berada di Kabupaten Mandailing Natal, untuk melakukan kegiatan ataupun pengawasan.

Kita tau bersama, bawah Ombudsman itu bertugas, Menerima laporan atas dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik

Melakukan pemeriksaan subtansi atas Laporan,Menindak lanjuti Laporan yang tercakup dalam ruang lingkup kewenangan ombudsman

Melakukan investigasi atas prakarsa sendiri terhadap dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik

Melakukan koordinasi dan kerja sama dengan lembaga Negara atau lembaga pemerintahan lainnya serta lembaga kemasyarakatan dan perseorangan

Membangun jaringan kerja,Melakukan upaya pencegahan Maladministrasi dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Undang-Undang.

Ada apa Ombudsman di Mandailing Natal.? Apa yang salah, atau hanya sebatas kordinasi dan pembinaan, karena itu masyarakat berharap kepada Ombudsman jangan mau diarahkan oleh Pemda Mandailing Natal, untuk melihat dari dekat sistem pelayanan publik yg sebenarnya.

Contoh, jika kedatangan Ombudsman untuk melihat atau menyaksikan pelayanan  di Rumah Sakit dan Puskesmas jangan mau Ombudsman mengunjungi yg telah diunjuk oleh Bupati dan Kadis Kesehatan.

Kenapa..? Bukan maksud menyudutkan pihak Puskesmas yg telah diunjuk dikunjungi, Ombudsman itukan ingin menyaksikan sistem pelayanan Puskesmas, coba lihat seperti Puskesmas Tambangan, Puskesmas Kayulaut, Puskesmas Lainnya yg jauh dari Kota Kabupaten.

Begitu juga dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang memang dikunjungi dan telah terdaftar dalam kunjungan( Bersambung Terus)

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.