Baskami Dorong UMKM Sumut Perkuat Digitalisasi Hingga Bentuk Ekosistem Digital

MEDAN(Malintangpos Online): Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mendorong usaha mikro kecil menengah, untuk perkuat digitalisasi agar menjadi tangguh dan berdaya saing.

Hal tersebut disampaikan Baskami Ginting, tatkala menerima kunjungan jajaran Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Mandiri Indonesia (Apmikimmdo) di ruang kerjanya, Kamis (22/9).

Baskami menjelaskan, bila nantinya platform digital UMKM di Sumatera Utara telah kuat, maka mengarah pada ekosistem digital yang memberikan efek signifikan bagi perekonomian.

“Para pelaku UMKM kita harus terus meningkatkan digitalisasi, termasuk edukasi bisnis. Adanya promosi video digital, komunikasi, manajemen, marketing, roadmap dan lainnya,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, bahwa platform digital saat ini, menjadi kebutuhan bagi pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya.

“Persaingan bisnis kita sudah bergerak ke dunia maya. Kita harus perkuat digitalisasi untuk UMKM ini,” jelasnya.

Belum lagi, lanjut Baskami saat ini, tren yang berlangsung, dengan menggunakan elektronifikasi transaksi, alias transaksi non tunai.

“Nah untuk pembayaran menggunakan QRIS, maka seluruh perbankan kita juga harus diajak berkolaborasi dalam hal ini. Memberikan edukasi kepada UMKM mengenai transaksi non tunai,” jelasnya.

Saat ini, menurut Baskami belum semua pelaku UMKM, mengerti benar terkait e-katalog, e-purchasing dan lainnya.

“Pemerintah harus mendampingi pelaku UMKM kita agar bisa mendapatkan akses di e-katalog. Tak hanya itu, pemda harus mendorong agar nantinya e-katalog ini memasarkan seluruh produk lokal UMKM kita secara lebih luas,” jelasnya.

Dikatakan Baskami, UMKM sebagai satu di antara penopang perekonomian masyarakat, akan memberikan hasil yang signifikan dalam pendapatan daerah.

Baskami juga meminta Apmikimmdo, menjadi jembatan para pelaku usaha, pemerintah, perbankan dan masyarakat dalam mengentaskan persoalan digital ini.

“Saya meminta agar asosiasi ini melakukan kajian, memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk selanjutnya memperkuat masalah digitilisasi ini. Nanti silakan lakukan RDP dengan Komisi B DPRD Sumut yang membidangi perekonomian,” pungkasnya(pdip/Isk).

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.