BLT-DD ” Mompang Julu Mencekam “Minta Bupati Madina Temui Warga

MASYARAKAT Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal, yang melakukan aksi blokir jalan sejak Senin pagi (29/6) pagi hingga pukul 20.30 Wib telah mengakibatkan dua Unit Mobil, Septor dibakar massa dan hubungan Lalulintas masih macet total.

Tuntutan warga agar Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nasution temua warga pendemo yang sudah mulai emosi dan juga Kades Mompang Julu Henri Hasibuan diminta segera mundur, kalau tidak Jalinsum tidak akan dibuka sepanjang tuntutan warga tidak dipenuhi.

Wartawan Malintang Pos Group yang turun ke lokasi 4 orang, melaporkan bahwa situasi hingga pukul 20.30 Wib Jalinsum masih di Blokir warga, warga di berbagai tempat ngumpul, di Kedai Kopi yang dibahas soal Bupati yang tidak mau turun ke desa itu, serta Kades juga diharapkan warga mundur.

Salah Kades apa..?  Informasi yang diterima dari sejumlah BPD Desa Mompang Julu, bahwa soal BLT-DD adalah hasil musyawarah yang telah di rapatkan beberapa kali.

Soal BLT-DD memang di Tanda Tangani Rp 600.000.- sebagai bentuk pertanggung jawaban DD yang kisaran Rp 171.000.000.- kurang lebih, tentu hasil musyawarah dibagi Rp 200.000.-/KK,  bukan Kades yang menetapkan, aparat desa tugasnya membagi sesuai hasil yang telah di musyawarahkan.

Untuk kita ketahui bersama, jika dibagikan Rp 600.000.-/KK sesuai jumlah anggaran yang ada di RAPBDes maka yang kebagian hanya sekitar 97 KK, dengan hasil musyawarah BPD tersebut jsdinya dibagi 97 X 3 X Rp 200.000.- dan itupun masih banyak yang tidak kebagian dengan jumlah penduduk Desa Mompang Julu.

Persi Pendemo, bahwa selama ini Kades tidak transparan menggunakan Dana Desa dan juga soal BLT – DD yang dibagi Rp 600.000.-/KK hanya dibagi Rp 200.000.-/KK, makanya warga melakukan aksi di desa tersebut.( Bersambung Terus)

 

Admin : iskandar

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.