Diduga Keracunan, 16 Ekor Lembu Mati Mendadak Di Kebun Milik Warga

Lembu yang mati/ BS MinASAHAN (Malintangpos Online) : Sebanyak 16 ekor lembu ditemukan dalam keadaan mati terkapar di kebun Kelapa Sawit milik Ucok Sinambela Dusun X Desa Aek Songsongan, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sabtu (4/4/2020) sekira pukul 09.00 WIB.

Informasi dihimpun ke-16 ekor lembu yang mati tersebut milik beberapa warga Desa Aek Songsongan , yakni Sunarni 1 ekor, RIFAI 3 ekor, Sudaryono 2 ekor, Abd Hobi 3 ekor, Rian 1 ekor, dan Sutarno 6 ekor. Dengan kerugian ditaksir sebesar Rp 16.000.000.

Kapolsek Bandar Pulau AKP Anggun Adhika Putra, SIK ang dikonfirmasi via Whatsapp menyampaikan, pihaknya mendapat informasi dari warga adanya banyak lembu yang mati langsung memerintahkan Wakapolsek, Kanit Reskrim, Kanit Intel, dan Ka SPK turun ke TKP mengecek laporan tersebut.

Sesampainya di TKP ditemukan sebanyak 16 ekor lembu dalam keadaan mati dengan jarak berpisah dan ada sebagian berdekatan dilokasi lahan kelapa sawit milik Ucok Sinambela, Selanjutnya Kepala Desa Aek Songsongan memanggil masyarakat yangg memiliki lembu tersebut. Kemudian berkoordinasi dengan Forkompimcam dan pihak terkait dari dinas Peternakan Kabupaten Asahan. Dari hasil keterangan pemilik lembu, bahwasanya lembu tersebut tidak diikat dan tidak diangon, melainkan hanya dilepas dan tidak di kandangkan.

Berdasarkan cek TKP dari dinas Peternakan Kabupaten Asahan Solihin menyampaikan bahwasanya diduga lembu tersebut mati karena keracunan, namun demikian lebih jelasnya harus melalui hasil penelitian Laboraturium dari Dinas Peternakan mengambil semple lidah, hati, usus lembu yang akan dikirim ke Kabupaten Asahan untuk mengetahui penyebab matinya hewan tersebut.

“ Dari hasil mufakat Forkopincam dengan pemilik lembu tersebut menyatakan menerima keadaan lembu yang sudah mati dan akan di tanam/kubur di lokasi lahan Ucok Sinambela “ ungkap Kapolsk melalui pesan whatsappnya.

Sementara itu diperoleh keterangan dari warga dan viral di sosmed ada sebanyak 22 ekor lembu mati mendadak secara terpisah dari kebun warga sampai ke Palang Puntung AFD VI KM 2 dan KM 3 Desa Aek Songsongan.

” Ada sebanyak 22 ekor lembu yang mati mendadak dengan hidung mengeluarkan gelembung di kawasan KM 2 Desa Aek Songsongan ” sebut akun Zona Nyaman. (BS/min)

 

Liputan : Wartawan Berita Sore

Admin.  : iskandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.