Hadiri Panen Raya Jagung, Camat MBG Apresiasi Kelompok Tani Tunas Harapan Jaya

M.BATANG GADIS(Malintangpos Online): Kelompok tani Tunas Harapan Jaya laksanakan panen raya jagung,7328 ENK SUMO sekaligus ujicoba alat pemanen jagung jenis komben yang baru diterima dari instansi pemerintah tingkat ll

Acara tersebut juga dilaksanakan penanaman bibit jagung kembali,yang dilaksanakan oleh Kelompok tani Tunas Harapan Jaya((THJ) didampingi oleh Kepala UPT Pertanian Mbg,yang dilaksanakan Rabu, (15/07)

Berlokasi di Desa Singkuang ll,Kecamatan Muara Batang Gadis,Kabupaten Mandailing Natal.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Mbg Edi Ihsan Lubis,SH.Kepala UPT Kecamatan Muara Batang Gadis Khairuman,Anggota Koramil 17 Natal Kopda Darmin Lubis,Serda Afrizal,anggota Polsek Mbg Indra Lubis,Kepala UPT Irmawati BB3 Mandailing Pesisir,beserta sejumlah rombongan dan para kelompok tani yang turut hadir.
Kepala UPT Pertanian Kecamatan Muara Batang Gadis Khairuman mengatakan, lahan yang ada di desa Singkuang ll  lebih bagus dan lebih unggul sebenarnya. hanya saja masyarakat kita di Mbg ini yang selama ini belum tertarik untuk bercocok tanam seperti jagung,dan yang lain-lain,selain sawit,kalau kita bandingkan lahan di bagian atas sana jauh lebih bagus dan unggul dipinggir pantai

“Karena lahan yang kita punya tanpa harus dipupuk saja untuk pertumbuhan jagung, karena tanah didaerah Muara Batang Gadis rata-rata sebenarnya sangat subur dan bagus.

Sementara itu untuk lahan panen raya di Kecamatan Muara Batang Gadis,Pantai Barat pada hari ini baru seluas 1 Ha saja. dari 8 Ha lahan tanaman jagung, untuk pakan ternak ini tanpa olah tanah, hanya menggunakan pupuk hibrysida dengan Bibit 7328 ENK SUMO 7 -8 ton per hektar untuk panen tahun ini.
Kata Khairuman,” Kelompok tani disini dalam 1 ha lahan jagung bisa menghasilkan 7-8 ton, dari hasil produksi yg seharusnya 12 ton” tambahnya.

Semoga lahan jagung untuk pakan ini terus berkembang dan semoga nantinya lahan ini terap menjadi lahan jagung bukan tanaman lain semisal lahan sawit.tuturnya.

Ketua Kelompok tani Tunas Harapan Jaya(THJ)Basirun,meminta kepada seluruh petani / kelompok tani yang lain dan para petugas pertanian,pemerintah lebih memperhatikan kami lagi kelompok-kelompok tani di Muara Batang Gadis

” apa yang kami butuhkan seperti alat pemanen,alat untuk perawatan tanaman yang kami tanam nanti,agar kegiatan panen raya seperti jagung ini dapat menjadi inspirasi keberhasilan masyarakat untuk pengembangan jagung di kecamatannya masing-masing,khusus di Mbg,”pintanya.
Sementara itu Camat Muara Batang Gadis Edi Ihsan Lubis,SH mengatakan,akan terus kita dukung program penanaman jagung ini,”.

” Kita tetap mendukung dalam hal peningkatan program ini, karena kita ketahui juga tanaman jagung juga salah satu kebutuhan inti,” ucap Edi Ihsan Lubis.

Untuk memenuhi program Pangan Nasional dimana ditargetkan 7-8 ton/hektar bahkan nanti bisa lebih, perlu pendapingan yang sangat serius dari pihak terkait. Seperti yang kita dengar tadi perhektarnya mendapatkan panen 7-8 ton.

Saya minta Pertanian Muara Batang Gadis agar mengirim PPLnya untuk mendapingi terus para kelompok tani ini, agar dapat target pangan nasional tersebut, tegas orang nomor satu di Muara Batang Gadis itu.

” Jangan nanti diberi usaha dan bahan kepada kelompok tani tapi tidak didampingi,” kata Camat(PAR)

Admin : iskandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.