Ketua DPC.PDIP Madina, Dana Desa Idealnya Untuk Mengembangkan Pertanian

Iskandar Hasibuan

PANYABUNGAN(Malintangpos Online):Ketua DPC.PDI Perjuangan Kab.Madina Iskandar Hasibuan, mengutarakan harusnya Dana Desa(DD) yang sudah Empat(4) Tahun anggaran digelontorkan pemerintah melalui APBN adalah untuk mengembangkan sektor pertanian masyarakat yang kita lihat masih jauh dari yang kita harapkan.

            ” Kalau saya ditanya, dana desa yang digelontorkan pemerintah Sebaiknya untuk mengembangkan sektor pertanian,dengan demikian, sektor pertanian punya kemandirian,tidak ada orang hidup tanpa pertanian, kita harus fokus ke petani. Menyadarkan rakyat harus bisa menghidupi dirinya sendiri,” ujar Ketua DPC.PDI Perjuangan Kab.Madina Iskandar Hasibuan, Senin malam(13-8) di Pasar Panyabungan.

            Makanya, ujar Iskandar, idealnya anggaran yang mencapai hampir Rp 1 Milyar/desa sekarang ini untuk mengelola pertanian kita, setiap desa membuat tanaman yang bisa menghasilkan guna untuk mengisi Kas Desa, sebab dana desa itu tidak mungkin selamanya dikucurkan terus, karena anggarannya setiap tahun besar.

            Contoh, selama ini Sayur-sayuran lebih banyak di datangkan dari wilayah luar Mandailing Natal, seperti Kol, Sawi, Kentang serta Wartel, apa salahnya melalui Perbup mengatur program pertanian untuk wilayah-wilayah tertentu dan yang lain desanya membudidayakan Ikan Mas serta program lainnya yang bersentuhan dengan pertanian.

            Kalau desa yang telah berhasil dengan meakai Dana Desa sudah banyak diwilayah Pulau Jawa, kenapa kita di Mandailing Natal Sumatera Utara tidak kita manfaatkan anggaran APBN tersebut untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, bukan harus program pembangunan fisik.

            “ Ahli-ahli pertanian yang ada di setiap desa di rangkul oleh Kades, atau rekrut Sarjana Pertanian untuk meberikan masukan, praktekkan langsung dan masyarakat yang selama ini menganggur akan kerja,” katanya(Red)

 

 

 

 

 

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.