Ketua TP.PKK Madina Diulosi Warga Desa Hutabargot Setia

HUTABARGOT(Malintangpos Online): Ketua TP.PKK Kab.Madina Hj.Elli Maharani Sukhairi di Ulosi warga Desa Hutabargot Setia Kec.Hutabargot ketika berkunjung ke desa tersebut,Senin pagi(13/9).

Kunjungan Ketua TP.PKK Madina Hj.Elli Maharani Sukhairi juga didampingi Kadis Kesehatan Madina dr.Syarifuddin Nasution, Kabid Informasi dan Komunikasi Diskomimfo Madina Sobar Nasution, Camat Hutabargot,serta Tim TP.PKK Madina.

Ketua TP.PKK Madina Hj.Elli Maharani Sukhairi, dalam pengarahannya menyampaikan bahwa kegiatan stunting sangat bersinerji dengan program TP.PKK Mandailing Natal.

Kata Elli, posyandu merupakan suatu wadah komunikasi, ahli tehnologi dalam pelayanan kesehatan masyaraiat, dengan dukungan pelayanan serta bimbingan tehnik dari petugas kesehatan.

Disebutkan, salah satu tujuan Posyandu adalah mendukung pemeeintah menanganu stunting dan kematian ibu saat melahirkan.

Salah satunya adalah, masalah pada ibu dan anak yg rentan terhadap kematian dan kasus gizi.

Selain itu, pendidikan bagivremajq putri agar bisa menghindari pergaulan bebaa dan pernikahan dini yg beridiko terhadap kesehatan reproduksi mereka.

Kadis Kesehatan dr.Syarifuddin Nasution dalam laporannya, menjelaskan bahwa desa Hutabargot Setia desa Stunting dan sekarang sudah tinggal 3 orang.

Kata dia, stunting adalah kecil, anak yang lahir kecil, penyebabnya lingkungan, anak stunting kecerdasannya kurang dan harus kita basmi.

” Stunting harus menjadi perhatian kita bersama dan lebih lebih lingkungan harus kita jaga bersama,” ujar Dr. Syarifuddin.

” Posyandu milik masyarakat dan untuk masyarakat,” katanya.

Camat Hutabargot Indra Gunawan Hasibuan pada kesempatan itu langsung memperkenalkan Ketua TP.PKK kepada warga Hutabargot.

” Mamago ilala homu lunguni dung ro ibu Bupati Madina,” ujar Camat.

Pada kesempatan itu, Camat juga menyampaikan bahwa penduduk Hutabargot Setia 303 jiwa, dengan 76 KK yang mendapat BLT 50 KK.

Kata Camat, tahun 2019 Stunting ada 10 orang dan di tahun 2021 ini turun menjadi 3 orang Stunting yang merupakan penurunan itu atas perjuangan bersama petugas kesehatan, kecamatan dan desa.

Ketua BPD Hutabargot Setia Abdul Rahman, mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP.PKK yang nenjadikan daerah ini kunjungan yg kedua dan perhatiannya terhadap warga.

Monitor Wartawan, terlihat ketua TPP.PKK Madina langsunt memberikan arahan kepada petugas Posyandu didampingi Kadis Kesehatan Madina dr.Syarifuddin, Camat Hutabargot Indra Gunawan dan Kades Hutabargot Setia Arif.(dita)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

 

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.