Liputan Dana Desa Kec.Tambangan(1), Inspektorat Madina “Gagal ” Melakukan Pengawasan

PERISTIWA atau Teragedi 29 Juni 2020 di Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara,  tidak akan terjadi jika Inspektorat “Benar ” melakukan pengawasan pelaksanaan Dana Desa(DD) setiap tahunnya.
Karena itu, untuk mencegah agar jangan terjadi di desa – desa lainnya, banyak LSM, Aktivis, Masyarakat meminta Inspektorat Mandailing Natal, agar kembali mengaudit Dana Desa(DD) mulai tahun 2018,2019 hingga 2020 sekarang ini.
Misalnya, Dana Desa Angin Barat, Desa Padang Sanggar, Desa Simangambat Tambangan,Desa Laru Baringin, Desa Laro Dolok agar kembali di audit, karena desa desa tersebut banyak protes dari masyarakat sekitar penggunaan Dana Desa, baik fisik maupun pemberdayaannya.
Sepeeti Penggunaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun anggaran 2018/2019 di Desa Angin Barat, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), diduga menyimpang.
Hal itu, menjadi perbincangan hangat di tengah – tengah masyarakat, hingga mereka duga kuat anggaran tersebut  tidak jelas kemana diterapkan.
Apalagi, Mantan Kepala Desa Angin Barat, kabarnya tidak dapat menjelaskan secara rinci anggaran tersebut. Ketika masyarakat mempertanyakan alokasi dana tersebut hingga ia mengatakan secara singkat.
“Saya tidak ketahui anggaran dana itu,” sebut masyarakat saat di tanya soal anggaran selama ia menjadi Kepala Desa Angin Barat.
Informasinya Anggaran Dana Desa yang  telah di cairkan oleh Pemdes sebesar Rp. 180 juta, bulan April, yang mana pencairan Dana Desa tersebut  diterima  mantan Kepala Desa Angin Barat.
Kata warga, program pembangunannya tidak berjalan sesuai yang di harapkan oleh warga desa. Karena Dana yang besarnya Rp 180 Juta menjadi trend di bicarakan oleh warga.
Begitu juga Tahun 2019 dan tahun 2020 mayoritas warga selalu membicarakan di Kedai Kopi ” Kemana dibuat Plt. Kades Dana Desa ” bukan kita menuduhnya korupsi,kita hanya membutuhkan transparansi dalam mengelolanya, itu sajanya.
Kenapa tidak Dilaporkan..?  Ini lagi membuat suratnya, warga akan laporkan langsung ke Inspektorat, Bupati, DPRD dan Kapolres Mandailing Natal, kalau ke Camat pasti tidak akan ditindak lanjuti, karena Plt. Kades Angin Barat kabarnya adalah Camat Tambangan.
” Ini sedang membuat suratnya, Insya Allah segera kita tindak lanjuti, yang tanda tangan sudah banyak, lagi menandatangankan ke warga yg ingin perbaikan, ” ujar warga marga Nasution, Rabu(8/7) ( Bersambung Terus)
Foto.   : Rusdi Batubara
Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.