Masa Covid-19, Masyarakat Tanam Pepaya California Untuk Ketahanan Ekonomi

SINGKUANG(Malintangpos Online): Masa pandemi covid-19,warga Desa Singkuang l,Kecamatan Muara Batang Gadis,Kabupaten Mandailing Natal,buka lahan,tanam pepaya california

Badan Penyulu Pertanian (BPP) Kecamatan bantu traktor jenis jhon dree kepada masyarakat untuk ketahanan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

“Kita prioritaskan untuk mendukung bagi masyarakat yang serius buka kebun untuk mengembakan jenis bibit pepaya california,” kata Khairuman, Kepala Badan Penyulu Pertanian Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Minggu (19/07).

Ia mengatakan,bantuan jhon derr ini bukti kita mendukung progaram untuk penanaman jenis bibit pepaya california ini, selama ini masyarakat kebanyakan lalai,padahal kalau mau saja untuk bercocok tanam sangat membantu dan menunjang ekonomi hasil sangat menjanjikan,harga pasarnyapun cukup menggiurkan
Bibit yang ditanam merupakan jenis bibit pepaya California. Selain cocok ditanam di desa singkuang l ini, perawatannya juga tidak sulit. Selama masa penanaman,kita akan terus mendampingi petani, di sisi lain, harga jual pepaya California juga cukup tinggi.

“Peminatnya juga banyak, per kilo pepaya harganya Rp 2.500,-,” terangnya.

Pasca panen nanti sudah ada pihak yang siap menampung dan memasarkan. Sehingga petani tidak kesulitan dalam memasarkan hasil panennya nanti.

“Yang utama adalah bisa meningkatkan perekonomian warga di musim pandemi covid-19 ini,” ujarnya.

Menurut Khairuman, warga Desa Singkuang l,Muara Batang Gadis pada umumnya,sebagian besar berprofesi sebagai petani kepala sawit.

Camat Muara Batang Gadis Edi Ihsan Lubis,SH mengatakan,sangat mendukung budidaya pepaya California yang dilakukan oleh warga Desa Singkuang l.

Karena di tengah pandemi covid-19, pemerintah tidak hanya memberikan jaring pengaman sosial, mencegah dan menangani covid-19, namun juga memberikan bantuan usaha kepada masyarakat, melalui badan penyulu pertanian Kecamatan,khususnya bagi warga yang serius untuk bertani.

“Tidak sekedar bantuan namun ada pendampingan hingga pemasarannya,” ucap Edi Ihsan Lubis.

Menurutnya, usaha berkebun ini sangat luar biasa dan bisa dijadikan contoh bagi desa-desa lain di Kecamatan Muara Batang Gadis ini kedepan.
Putra, salah satu warga Desa Singkuang l juga mengaku sangat antusias dengan budidaya penanaman pepaya California.

“Saya berharap hasilnya bisa lebih bagus nanti.dibandingkan seperti cabai,bawang,jagung,ubi,timun,dan yang lain saat ini juga warga yang lagi menanam,” katanya( PAR)

Admin : iskandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.