Melirik Kondisi Infrasturuktur Transportasi Ke Batahan dan Natal (1)

Keadaan Jembatan Aek Sumuo di Desa Pardamean Baru Kec.Natal

MASYARAKAT Khususnya yang setiap waktu melewati Panyabungan – Muarasoma – Simpang Gambir – Natal dan Batahan di Kabupaten Mandailing Natal, tidak jarang Ngedumel dan Bersumpah Serapah, karena buruknya Akses Insfrasturur Transportasi, khususnya masalah Jalan dan Jembatan yang ada disejumlah tempat.

Redaksi Malintang Pos Group yang dipimpin oleh Nanda Pratama Soekirno dan Dita Risky Saputri.SKM Yang melakukan liputan khusus ke Wilayah Pantai Barat ( Sinunukan, Linggabayu, Batang Natal, Batahan dan Natal) sejak 12 Mei 2022, melaporkan dengan membuat tulisan secara bersambung hingga 5 Edisi di Malintangpos Online, Youtube dan Koran sejak 14 Mei 2022.

Kadis PUPR Madina Ruly Andri Lubis,ST.

Di Desa Pardamean Baru ” Jembatan Sumuo/ Jembatan Aek Pardamean Baru di Desa Pardamean Baru Kecamatan Natal, sejak lama menjadi keluhan masyarakat, sebab jembatan tersebut tidak pernah diselesaikan pembangunannya.

” Kalau sudah mendekati Jembatan Pardamean Baru, jantungpun dek – dekan, takut jatuh Mobil, sebab hanya kayu yang sudah lapuk dimakan usia,” Ujar Sugiono Penumpang Mopen Jurusan Pamyabungan – Batahan Via Desa Pardamean Baru, Sabtu sore(14/5) diatas Jembatan sambil Ngedumel dengan keadaan itu.

Jembatan Aek Pardamean Baru

Bayangkan, jembatan kayu lebih 50 Meter dengan kondisi kayu yang usang, apa ngak ada perhatian Gubsu dan Kementerian PUPR ke wilayah Pantai Barat.

Tiang Pancang siapa yang bangun..? Tanya Wartawan ” Kita ngak tau, mungkin Kontraktor Pembohong yang ambil keuntungan besar,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas PUPR Madina Ruly Andri Lubis,ST yang dihubungi Via selularnya, Sabtu sore(14/5) mengutarakan bahwa Ruas jalan ini termasuk ruas lintas barat jalan nasional yg merupakan akses jalan menuju pelabuhan Palimbungan Ketek di Kecamatan Batahan.

Disampaikan Ruly Andri, direncanakan tahun 2022 ini kementerian PUPR akan membangun jembatan di 3 (tiga) titik, yaitu
1. Pembangunan oprit jembatan Aek Batang Natal,2.Pembangunan jembatan Aek Pardamean Baru,3.Penggantian jembatan Aek Lunggane Kubangan Tompek Batahan

Kata Kadis, Hasil koordinasi terakhir dengan pihak Direktorat Jembatan Kementerian PUPR, desing akhir ketiga kegiatan tersebut sudah final

Selanjutnya akan masuk ke tahap pelelangan.Selanjutnya untuk TA 2023 akan dilanjutkan pembangunan jalan serta pembangunan jembatan Batang Batahan

” Insya Allah di Tahun 2022 dan 2023 banyak Proyek mengalir ke daerah itu percepatan pemungsian Pelabuhan Palimbungan di Batahan,” ujar Kadis PUPR Madina Ruly Andri Lubis.ST ( BERSAMBUNG TERUS)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.