Menjelang HUT Ke – 9 ” Malintang Pos  Bukan Media Titipan “

Iskandar Hasibuan

MENJELANG Usia 9 Tahun Malintang Pos( 2014 -2023) Sejumlah Elemen Masyarakat memandang bahwa surat kabar Malintang Pos , terlahir pada waktu dan momen yang tepat sekali, karena kehadiran surat kabar ini muncul di saat masyarakat kesulitan mendapatkan informasi-informasi pembangunan, analisa, evaluasi, gagasan dan pemikiran serta peristiwa seputar Kepulauan Nias, kawasan Tapteng, Sibolga, Taput, Tebing Tinggi, Labuhan Batu dan Tabagsel , Sumatera Barat, serta DKI Jakarta dan Denpasar Provinsi Bali.

Malintang Pos hadir menyuguhkannya dengan gayanya yang khas dan menarik, saya memandang Malintang Pos merupakan bagian penting dari sejarah ke Jurnalistikan di Sumut khusunya Mandailing Natal dan Tabagsel,” Ujar Pimpinan Umum Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan, Sabtu(24/12) di Panyabungan terkat menjelang HUT Malintang Pos ke- 9 pada 17 Januari 2023 yang akan datang ini.

Pimpinan Redaksi Malintang Pos Group Dita Risky Saputri.SKM.

Iskandar , mengutarakan hingga sekarang ini Malintang Pos telah berhasil ambil peran tidak saja sebagai kekuatan sosial kontrol terhadap perjalanan dan dinamika pembangunan, tetapi juga menjadi guru dalam pencerdasan kehidupan masyarakat. Peran ini sangat penting dan dibutuhkan dalam memajukan kawasan Tabagsel di Sumatera Utara.

Koordibator Liputan Ananda Sukirno Nur Pratama

Memang banyak mengutarakan, Sudah saatnya Malintang Pos ekspansi khusus Online, karena tidak semua lapisan masyarakat pembaca dapat terjangkau lewat media cetak, baik yang tinggal di Madina, apalagi masyarakat Madina yang diperantauan,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, dengan ekspansinya khusus online, pasti akan memudahkan bagi Malintang Pos untuk membumikan informasi, gagasan dan pemikiran kawasan Sumut ke seantro pelosok negeri ini.

Wartawan Siti Khoiriah,SH

Kata dia  Hal ini sudah pasti akan semakin termaksimalkan peran Malintang Pos dalam dinamika Sumut membangun, termasuk Mandailing Natal.

Iskandar sebagai Penggagas dan Pendiri Malintang Pos , dia berharapan, semoga di usia 9 tahun Malintang Pos, akan semakin kualitatif, tumbuh berkembang secara berkarakter

Wartawan Aris Moenandar

Serta semakin terkelola di atas fondasi profesionalisme serta menjunjung tinggi etika kejurnalistikan, terhindar dari pemberitaan yang tendensius dan conflict of interest dengan para personil dan managemen Malintang Pos sendiri.

Malintang Pos  Bukan Media Titipan

Berdasarkan, pengakuan Iskandar Hasibuan, kepada jajaran Redaksi, baik staf dan Wartawan, bahwa kehadiran Malintang Pos Group ” Bukan Media Titipan “ tapi sesuai Mottonya ” Berani dan Tangguh Membela Kepentingan Rakyat ” itu yang benar.

Apalagi, baru – baru ini Pimpinan Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan , sempat dilaporkan Ke – Dewan Pers di Jakarta, oleh Mengaku Pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) dengan Nama Sukanto Subandriyo.

Dan Telah dilakukan Kelarifikasi , melalui  Aplikasi Zoom. 17 November 2022, dan Telah Ditanggapi Dewan Pers, Tgl 2 Desember 2022, dengan Nomor Surat: 1577/DP.KXIW2022
Perihal : Tanggapan atas Pengaduan

Isinya, Dewan Pers menerima surat dari Sukanto Subandriya, tertanggal 10 Juli 2022,
yang mengadukan Saudara sebagai pemimpin perusahaan malintangpos.co.id
karena dianggap sering meminta hantuan pencetakan koran kepada kepala dinas-
kepala dinas di kantor Pemda Mandailing Natal.

Saudara juga disebut banyak
Membuat berita tentang dugaan korupsi pihak tertentu, seperti kepala desa, tanpa
terlebih dahulu melakukan klariikasi kepada pihak yang diduga korupsi.

Terkait pengaduan ini, Dewan Pers telah mengundang Pengadu dan Saudara
untuk memberikan klarifikasi pada 17 November 2022 melalui aplikasi zoom.

Saudara hadir, sedangkan Pengadu tidak dapat dihubungi dan tidak hadir tanpa alasan yang jelas.

Dewan Pers mengapresiasi kehadiran Saudara dan telah memberikan
sejumlah masukan, antara lain, terkait bagaimana melakukan hubungan profesional sesuai Kode Etik Jurnalistik antara malintangpos.co. id dengan narasumber serta pembedaan secara tegas antara produk berita dan iklan.

Demikian surat ini disampaikan untuk menjadi perhatian.( Bersambung Terus)

Sumber : Iskandar Hasibuan.

Admin : Dita Risky Saputri.SKM…

 

 

 

 

 

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.