Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal jalin MoU dengan BPTP Sumut

PANYABUNGAN ( Malintangpos Online):  Bertempat di Aula Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Bupati Mandailing Natal, H. Muhammad Jafar Sukhairi Nasution melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Utara, Kamis (05/08/2021).
.
Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU tersebut adalah Bupati Mandailing Natal, Kepala BPTP Provinsi Sumatera Utara, Dr. Khadijah El Ramija, S.Pi, MP., Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Gozali Pulungan, SH., MM., Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Mandailing Natal, Muktar Affandi, S.Sos., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, Siar Nasution, SP., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal, Taufik Zulhandra Ritonga, SP., MM., Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa, Drs. Parlin Lubis, AP., M.Si., Kepala Dinas Pariwisata, Ahmad Yasir Lubis, SP., serta beberapa pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala BPTP Provinsi Sumatera Utara, Dr. Khadijah El Ramija, S.Pi, MP., menyampaikan ketertarikan BPTP untuk terlibat dalam pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini dikarenakan, selain memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan berkompeten dengan kualifikasi setingkat doktoral dibidangnya masing-masing, Kepala BPTP Provinsi Sumatera Utara juga menyakini potensi pertanian dan sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Mandailing Natal butuh polesan dan sumbangsih pemikiran sehingga geliat potensi tersebut memberikan dampak positif bagi Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal khususnya pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“SDM yang dimiliki oleh BPTP Provinsi Sumatera Utara merupakan doktoral (S3) lulusan luar negeri dan dalam negeri, sehingga dapat dimanfaatkan ilmunya demi pengembangan potensi dan kemajuan dunia pertanian di wilayah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal,” Ujar Kepala BPTP Provinsi Sumatera Utara.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPTP Provinsi Sumatera Utara juga menyampaikan bahwa dirinya berasal dari daerah Mandailing Julu dan sudah sangat mengenal Kabupaten mandailing Natal, sehingga dirinya berharap agar MoU ini memberikan dampak yang positif bagi pengembanagan potensi pertanian di Kabupaten Mandailing Natal.
.
Bupati Mandailing Natal, H. Muhammad Jafar Sukhairi Nasution dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terjalinnya MoU tersebut sekaligus meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait harus menindaklanjuti kerjasama ini dalam bentuk yang nyata sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Mandailing Natal.
.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Saya sampaikan rasa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian BPTP Provinsi Sumatera Utara ke Kabupaten Mandailing Natal, sehingga terjalin MoU ini. Saya juga meminta dengan segera kepada seluruh pimpinan OPD yang terkait langsung atas MoU ini untuk secepatnya menindaklanjuti kerjasama ini dalam bentuk yang konkret sehingga manfaat MoU dapat segera dirasakan bukan hanya oleh Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, tetapi juga dapat dirasakan manfaatnya oleh para pelaku pertanian, sehingga terwujud peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Mandailing Natal.” Ujar Bupati Mandailing Natal.
.
“Bumi Mandailing Natal bisa dikiaskan sebagai Giant Sleeping karena mengandung potensi yang sangat besar yang belum banyak digali dan masih menunggu sentuhan dan polesan tangan-tangan ahli untuk mengelola dan mengembangkannya untuk kemakmuran masyarakat, maka saya berharap sektor pertanian ini harus diprioritaskan. Ini juga didukung dengan potensi pertanian Kabupaten Mandailing Natal yang sangat besar sehingga harus dikelola dan dikembangkan secara tepat guna agar ancaman kekurangan bahan pangan dapat teratasi.” Sambung orang nomor satu di Kabupaten Mandailing Natal tersebut. ( Infokom/Aris )

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.