PT.SMGP Selalu Bikin Warga Desa Sibanggor Julu ” Resah dan Bingung “

TERBAKARNYA Peralatan milik PT.SMGP di Wellpad AA Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Jumat 14 Mei 2020 disaat warga sedang Sholat Jumat telah membuat warga resah dan bingung dengan SOP yang dijalankan perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi tersebut selama beberapa bulan terahir ini.

Apalagi sesuai keterangan Head of Corporate Affairs PT SMGP Syahrini Nuryanti, bahwa  Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran instlasi wellpad AA pembangkit listrik tenaga panas bumi di Sibanggor.

Foto Oliando Batubara

Kebakaran terjadi Jum’at siang (14/5/2021) tepatnya di Wellpad AA di area konstruksi unit power plant 15 MW fase kedua di Desa Sibanggor Julu, Kec.Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal, Sumut.

Proyek tersebut dikelola PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP).

“Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran,” kata Head of Corporate Affairs PT SMGP Syahrini Nuryanti lewat pesan singkat, Jumat, dilansir Kompas.

Api berhasil dipadamkan dengan mengerahkan truk air milik perusahaan.

Foto Oliando Batubara

“Dan kami sedang melakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada sisa titik api dan melakukan investigasi penyebab kebakaran,” ujar Syahrini.

Untuk kronologi dan apa saja yang terbakar, dia belum dapat menjelaskan secara rinci.

“Masih terus kami inventarisasi dan belum dapat kami jawab,” kata Syahrini.

ESDM Harus Tutup Sementara.

Sedangkan, Aktivis Lingkungan Elvi Zahria,S.Sos, Ketua GMPI Madina Mhd.Irwansyah Lubis,SH. Ketua MPC.PP Akhmad Arjun Nasution, Direktur Eksekutif Madina Institute Al Hasan Nasution mendesak Kementerian ESDM agar segera menutup sementara PT.SMGP sampai ada jaminan keselamatan kepada warga disekitar perusahaan tersebut.

” PT.SMGP Harus memberikan jaminan keselamatan kepada warga disekitar Perusahaan, jangan sebentar -Sebentar ada kejadian yang membuat warga panik,” sebut Aktivis Lingkungan Elvi Zahria,S.Sos dengan nada tinggi dan tegas,Jumat malam(14/5) di Panyabungan.

Selain itu, Gubsu Edy Rahmayadi kita minta segera turun ke PT.SMGP melihat dari dekat dampak rentetan kejadian dan kondisi masyarakat di Desa Sibanggor Julu ( BERSAMBUNG TERUS)

Sumber: Kompas.com

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.