SDN 134 Banjar Lancat ” Dibiarkan ” Rusak Oleh Dinas Pendidikan Mandailing Natal

PANYABUNGAN TIMUR(Malintangpos Online): Waktu Pileg dan Pilkada semua calon berjanji akan memperhatikan warga di Desa Banjar Lancat Kec.Panyabungan Timur Kab.Madina tapi semua ” Bohong ” akhirnya.

Buktinya, SDN 134 Desa Banjar Lancat sebagai tempat pendidikan bagi anak usia SD sampai sekarang kondisinya sangat memprihatinkan sekali.

” Sungguh miris melihat keadaan sekolah SDN 134 di Desa Banjar Lancat Kecamatan Panyabungan Timur yang sampai saat ini belum tersentuh oleh pihak Dinas Pendidikan Mandailing Natal,” Ujar orangtua siswa kepada Wartawan Malintang Pos Group Nanda Soekirno,Rabu(14/7) waktu berkunjung ke desa tersebut bersama sejumlah Wartawan.

Lihatlah, ujar warga, Bangunannya yang seperti rumah hantu , yang lama sudah di tinggalkan penghuninya , perumpamaan keadaan bangunan sekolah SDN 134 di Desa Banjar Lancat.

Kata warga,, Bangunan SDN yang memiliki biaya  rehap atau biaya perawatan yang di berikan pemerintah melalui dana BOS dan banyak lagi namanya.

Pantauan, Bangunan sekolah yang sudah sangat lapuk atau keropos terlihat dari tiang-tiang sekolah saat wartawan melihat langsung ke lokasi

Tidak hanya tiang sekolah,  teras sekolah juga sudah tidak ada lantainya, hanya tinggal serpihan beton yang tinggal dan selebihnya hanya pasir atau tanah.

Melihat sekolah-sekolah yang pada umumnya terlihat bagus dan rapi, serta di tahun 2020 Dana DAK banyak bangunan yg bagus dibongkar, bangunan SDN 134 hancur dibiarkan.

” Bagai mana siswa yang akan menempuh pendidikan Sekolah Dasar bisa belajar dengan serius dan nyaman apabila keadaan sekolahnya saja amburadul, ” sebut orangtua siswa.

Kata warga, peran kepala sekolah atau guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut tidak ada dan mampu membiarkan keadaan sekolah sampai se amburadul keadaan sekarang.

Kepala Desa Banjar Lancat Pahri, mengutuk keras Dnas Pendidikan atas pembiaran keadaan sekolah dan berharap agar Dispen Madina segera meninjau atau memperhatikan sekolah yang ada di desanya.

” tolong Cek  jolo sikolai,  inda dong sampe saannari perkembangan , bangku na roi pe otik,baen golarku au na keberatan,” ujar Kades Banjar Lancat Pahri saat di jumpai di kediamannya,Rabu(14/7)

Korwil UPT Dinas Pendidikan Panyabungan Timur yg coba dikonfirmasi tidak berhasil, karena pukul 14.00 Wib kantornya sudah tidak ada lagi ( Nanda)

Liputan : Nanda Soekirno

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.