Wakil Ketua DPRD Balikpapan Mengajak Masyarakat Membudidayakan Tanaman Porang

BALIKPAPAN(Malintangpos Online): Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Budiono, mengajak masyarakat untuk membudidayakan tanaman porang.

Saat ini tanaman jenis umbian itu sudah menembus pasar ekspor seperti Thailand, Tiongkok, Taiwan, Korea, Vietnam dan Australia.

Selain itu umbinya dapat digunakan sebagai bahan baku tepung, kosmetik, obat, penjernih air, bahan ramen/ mie dan masih banyak lagi lainnya.

“Petani, peneliti harus terus berusaha mengembangkan dan membudidayakan tanaman ini karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” katanya, Kamis (1/04/2021).

Politisi PDI Perjuangan Kota Balikpapan ini memberikan apresiasi kepada petani yang giat bercocok tanam dan mencari alternatif tanaman baru untuk dibudidayakan.

“Porang bisa menjadi tanaman pendamping beras yang bisa digunakan dalam menjaga ketahanan pangan apalagi disaat pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Hal itu dikatakannya, saat mengapresiasi kedatangan Anggota DPR RI dapil Kaltim, Safaruddin kepada petani Porang dikelurahan Lamaru dan Kelurahan Manggar Balikpapan beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu Safaruddin, Ketua Umum DPD PDI Perjuangan itu banyak mendengar keluh kesah dari petani.

Kelompok tani Daya Taruna kelurahan Lamaru yang diketuai oleh Supriyadi dan Tanam Tuai kelurahan Manggar yang diketuai Yohanis Pedi berharap kepada wakil rakyat agar dibantu mendapatkan pupuk murah dan sumur bor.

“Kita terus berusaha membudidayakan tanaman ini, agar hasil maksimal kami perlu pupuk murah dan berkualitas,” ujar Supriyadi mewakili suara petani.

Menjawab ini Budiono yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan kota Balikpapan berjanji akan meminta Dinas Pertanian melakukan sosialisasi dan pendampingan dari menanam sampai memasarkan. Harapannya agar tanaman porang ini menjadi komoditas ekspor dan unggulan di Balikpapan sehingga dapat menyejahterakan kehidupan petani(PDIP/Isk)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.