Warga Tor Banua Raja Mengeluh, “Tolong Kami Warga di DAS Batang Gadis Dibantu”

Kondisi Sungai dan pemukiman warga Desa Torbanua Raja

TOR BANUA RAJA(Malintangpos Online): “Tolonglah kami warga yang bermukim di pinggir Daerah Aliran Sungai(DAS) Aek Batang Gadis Desa Torbanua Raja Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal,yang akhir-akhir ini rumah kami sudah terancam akibat dikikis keganasan sungai(aek) yang sering meluap.

            Keluhan warga Desa Tor Banua Raja tersebut disampaikan kepada Malintangpos Online, Kamis pagi(27-04) di Gedung DPRD Kab.Madina,seusai warga mencari-cari anggota DPRD Madina yang berasal dari Dapil 5 (Panyabungan Utara,Bukit Malintang,Siabu, Nagajuang dan hutabargot) untuk meminta bantuan wakil rakyat.

            “ Wakil rakyat yang kami pilih lagi ngak masuk, kabarnya ada rapat tadi malam,jadi istirahat, tolonglah kami pak, agar rumah kami yang posisinya sudah diambang amblas ke dasar sungai, kami juga warga Mandailing Natal,” ujar seorang ibu mengaku marga Nasution.

            Bahkan, ujar warga, apakah setelah rumah kami runtuh dihantam sungai Batang Gadis dan kami hanyut barulah kami diperhatikan, sebelum kami menjadi korban, tolonglah kami agar DAS disekitar perumahan penduduk dipasang Beronjong.

            Sdelain itu, sebut Nasution, warga Tor Banua Raja yang mau ke sawah ataupun ke lading harus memutar dari Jembatan Jambur Padang Matinggi, itu bagi warga yang punya sepeda motor, kalau warganya tak punya sepeda motor maka dia tak akan pergi lagi mencari nafkah baik ke sawah maupun ke lading.

            “ Kami juga kan warga Mandailing Natal, wakil rakyat kami bicara dong, lihat kondisi kami, kami hanya membutuhkan dikeruk sungai, ngak usah bangun jembatan, kami sudah bangga dikeruk saja sungai, ngak mungkin warga yang melakukan pengerukan,” ujar Siregar menimpali.(red).

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.