Menjelang HUT RI ke-77,  Bupati dan Forkofimda Madina Beri Penghormatan Kepada Peserta Karnaval di Kota Panyabungan

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Ribuan warga dari berbagai Desa/Kelurahan memadati kedua sisi Jalan Willem Iskander, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Selasa (16/8).

Rakyat Madina seolah melampiaskan kerinduannya untuk menikmati pesta rakyat menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke -77 Tahun 2022

Pasalnya, setelah dua tahun kegiatan ditiadakan akibat Pandemi Covid-19, kini Pemerintah Kabupaten Madina , kembali menggelar Karnaval dan atraksi Drumband untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Kegiatan yang dirindukan masyarakat ini dipusatkan di depan Bank Sumut, Jalan Willem Iskander, Kecamatan Panyabungan.
Beragam atraksi ditampilkan dalam event, yang seharusnya digelar setiap tahun itu.

Tak heran bila sebelum pukul 10.00 WIB, warga sudah berkumpul memadati Jalan Willem Iskander.

Parade Karnaval pun dimulai. Muncul di barisan paling depan atraksi gordang sambilan, musik tradisional Mandailing, yang dimainkan siswa-siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mandailing Natal.

Lalu, disusul atraksi marching band yang juga ditampilkan siswa-siswi MAN 1 Mandailing Natal.

Setelah itu, warga disuguhkan dengan parade busana adat dari berbagai daerah di Nusantara.

Parade pakaian adat ini menunjukkan keragaman suku, bangsa, dan adat-istiadat di Indonesia, tetapi tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kehadiran barisan pakaian adat ini menarik perhatian jajaran Farkopimda Madina yang menyaksikan karnaval ini dari atas panggung kehormatan.

Warga pun tak kalah antusias, sampai-sampai ada warga yang nekad menerobos ke barisan parade untuk mengabadikan momen karnaval ini.

Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati Atika Azmi Utammi Nasution memberikan hormat kepada setiap peserta karnaval.

Sebelumnya, Sukhairi mengatakan HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 diadakan di Kabupaten Madina dengan berbagai acara setelah dua tahun sebelumnya vakum.

“Untuk tahun 2022 ini, kita melaksanakannya dengan semangat yang kuat untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dengan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ini,” ungkapnya.

Sukhairi menjelaskan karnaval tersebut sebagai tanda untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Bahkan, para pejuang mengorbankan diri sehingga saat ini generasi penerus dapat menikmati kemerdekaan yang merupakan hasil kerja keras para pejuang.

“Semangat kita jangan sampai kalah dengan para pejuang. Untuk itu, mari menjaga persatuan ini dan menanamkan cinta Tanah Air,” katanya, #MadinaBersyukurMadinaBerbenah( Infokom/Dita).

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.