Proses KBM, Kerja Sama Antar Orangtua Siswa Penting

Guru Guru Sekolah

BUKIT MALINTANG(Malintangpos Online):SD Negeri O46 terletak di Desa Malintang Julu Kecamatan Bukit Malintang. Di tahun 2017  ini tenaga pengajar (guru) berjumlah 14 guru dan siswa berjumlah 242 orang yang terdiri dari 130 orang siswa laki-laki dan 112 siswa perempuan. Sistem belajar yang diterapkan dalam proses belajar mengajar (PBM) adalah kurikulum 2013 (K-13). Waktu belajar mulai pukul 8.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Para guru SD Negeri 046 ini sangat senang dan menikmati propesi mereka sebagai guru, namun ada hal yang slalu menjadi keluhan guru, seperti ujar Ikrom pulungan S.Pd, seorang guru SD 046 Malintang Julu, ia mengeluh karena slalu orang tua siswa yang protes terhadap guru ketika anaknya dimarahi/dihukum karena berbuat Nakal di sekolah.

“UU RI nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan UU nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia” adalah hal yang slalu menjadi alat orang tua saat malalukan protes. Bahkan ada orang tua yang datang ke sekolah untuk memarahi guru dan mengancam ingin menuntut guru.

Ibu Nisma S.pd yang merupakan seorang guru juga di SD 046, dia mengaku bahwa saat guru memarahi murid disekolah bukan karena benci ataupun dendam melainkan ingin memberikan nasihat agar anak muridnya berubah ke arah yang lebih baik. Akan tetapi orang tua slalu salah persepsi, bagi ibu Nisma itu tidak membuat dirinya dendam karena mungkin itu karena kurangnya kesadaran orang tua tentang perilaku anaknya.

Narriman Nasution selaku kepala sekolah juga mengemukakan pendapatnya, lemahnya peningkatan kualitas pendidikan adalah akibat kurangnya peran orang tua. Dia berharap agar orangtua siswa mau bekerja sama untuk mengawasi dan menyuruh anaknya untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru di sekolah.

Dan Harapannya kepada Pemerintah dan Dinas pendidikan, agar membuat semacam sosialisasi kepada orang tua murid sadar akan pentingnya peran orang tua dalam peroses peningkatan kualitas pendidikan(Dodi).

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.