Ruangan Persiapan Rumah Sakit Selesai Dibagun Di Kotanopan

KOTANAPAN(Malintangpos online):Harapan warga Kotanopan Kabupaten  Mandailing Natal untuk memiliki Rumah Sakit yang berdomisili di Kecamatan itu sepertinya tidak akan lama lagi bakal terwujud.  Pasalnya,  sebanyak 13  ruangan untuk persiapan Rumah Sakit sudah selesai dibangun oleh Pemkab Mandailing Natal.

Pantauan di lapangan, Jumat ( 6/1), ke 13 ruangan itu dibangun di desa Padang Bulan Muara Soro,  tepatnya di samping Lapangan Sepak Bola Anggora Jalan Lingkar Kotanopan. Bangunan ini sepertinya sudah selesai dikerjakan di bulan Desember 2016.

Ke 13 ruangan ini terdiri dari ruangan UGD,  kamar rawat inap dan bersalin serta kamar lainnya.  Diperkirakan,  bulan Februari atau Maret 2017 ini ruangan untuk Persiapan Rumah Sakit ini akan di resmikan Bupati Mandailing Natal.

Kepala Dinas  Kesehatan Kab.  Mandailing Natal, drg.  Ismail Lubis yang dihubungi mengatakan,  ruangan yang dibangun ini direncanakan masih tahap persiapan menuju Rumah Sakit.  Sebab,  sesuai dengan aturan yang ada. Untuk membangun Rumah Sakit harus berproses.  Tahapan yang dilakukan mulai dari pendirian bangunan,  menyiapkan sarana,  menjadi  Puskesmas Plus, kemudian baru beranjak ke Rumah Sakit Tipe D.

” Untuk menjadikan  Rumah Sakit ada aturan dan prosesnya dan itu harus kita lalui.  Mulai dari harus  adanya bangunan, sarana,  Puskemas Plus,  Legislasi DPRD dan peraturan lainnya.  Saat ini kita sedang mempersiapkan legalitas hukumnya dan hal hal yang berkaitan dengan itu.

Jadi sampai saat ini kita  belum bisa memberikan keterangan apa tipe Rumah Sakitnya, sebab masih masa tahapan persiapan menuju Rumah Sakit. Insya Allah nanti sekitar bulan Februari kita harapkan  Bapak Bupati Mandailing Natal  meresmikannya” ujar drg Ismail.

Ahmad Efendi Lubis,  salah seorang warga Kotanopan mengatakan sangat menyambut baik upaya Pemkab Mandailing Natal untuk mendirikan Rumah Sakit di wilayah Kotanopan.

” Walapun masih tahap persiapan, saya yakin kalau di kelola dengan baik dan benar tidak akan lama lagi akan menjadi Rumah Sakit.

Dengan berdirinya nanti Rumah Sakit ini sedikitnya ada 5 kecamatan yang akan mempergunakannya,  mulai dari Kecamatan Tambangan, Kotanopan,  Ulu Pungkut,  Muara Sipongi dan Pakantan” ucapnya.  (Lkt)

Admin: Nisrayani

Komentar

Komentar Anda

About Nisra Yani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.