Wartawan Harus Profesional, Tak Perlu Takut Dengan UKW (2)

Iskandar Hasibuan

APAKAH Seorang Wartawan  harus menulis berita OPD dan Bupati saja yang dimuat di Media tempat Wartawan menulis, banyak berita lain yang harus dan perlu ditulis Wartawan, tapi meningkatkan Kompetensi Wartawan itu wajib dan harus, agar kita sebagai Wartawan, semakin Profesional.

Menjadi Perdebatan ” UKW atau Pelatihan SDM Wartawan ” antara sesama Wartawan yang ada di Mandailing Natal dan Wartawan asal Mandailing Natal, yang tinggal diluar Mandailing Natal, saling mengeluarkan Argumentasinya masing – masing.

Padahal, seorang Wartawan diterima di Medianya menjalankan Tugas Jurnalistik, sudah melalui proses seleksi dan persyaratan, sehingga ID Card nya keluar dan si Wartawan langsung menulis dan terjun membuat liputan persi Medianya menulis.

Penghargaan dari Hr.Waspada sebagai Wartawan Profuktif Tahun 2000Penulis pertama sekali menjadi Wartawan/ Koresponden Hr.Waspada Februari 1992 yang lalu, dengan latar Pendidikan Jurnalistik tidak ada sama sekali, tapi oleh Pimpinan Umum Hr.Waspada Medan Hj.Ani Idrus, memberikan Pedoman gunakan 5 W+1H dan Buku Undang – Undang Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Masih segar dalam ingatan Penulis, Hj.Ani Idrus ( Bunda) memberikan Pesan langsung kepada Penulis ” Jangan Jadi Wartawan Kalau Mau Kaya, Tapi Jadilah Wartawan Yang Profesional, Berani dan Tangguh Membela Kepentingan Rakyat ” ingat itu suatu saat Ananda akan ingat Pesanku ini dikemudian hari.

Waktu itu, Penulis bertanya ” Bagaimana Cara Membuat Berita ” sambil tertawa Bunda Hj.Ani Idrus, berkata ” Jangan Tanya Berita dari Balik Pintu ” tapi buatlah berita apa yang ada disekililingmu dan tetap koordinasi dengan Maskur Abdullah dan Edy Saputra Sormin.

Berita Pertama Penulis di Hr.Waspada Medan ” Bocah 5 Tahun Mencuri Tebu Dihajar Pemiliknya ” dan begitu berita keluar di Hr.Waspada, warga Panyabungan banyak bertanya, utamanya pemilik Tebu ” Siapa Wartawan Hr.Waspada di Panyabungan ”

Selama tiga(3) Bulan Wartawan Hr.Waspada, setiap hari ada berita dan ketiga bulannya Penulis baru menerima Surat Tugas, belum Kartu Pers/ID Card, tapi Penulis terus belajar dan sering ikut Pelatihan – Pelatihan yang dibuat Hr.Waspada, baik di Medan, Aceh dan Jakarta.

Itulah Hr.Waspada Medan, karena Pimpinan Umum Hj.Ani Idrus, H.Teruna Jasa Said, H.Prabudi Said, sangat ingin sekali Wartawannya Profesional, terus melakukan pembinaan atau Terus meningkatkan SDM Wartawannya.( Bersambung Terus)

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.